GAMBARAN JENIS DIABETES MELLITUS PADA BERBAGAI KELOMPOK USIA DI RSUD KABUPATEN KOTABARU

Andi Amrullah, Tanto Hariyanto, Novita Dewi

Abstract

Diabetes Milletus (DM) adalah masalah yang mengancam hidup atau kasus darurat yang disebabkan oleh defisiensi insulin relatif atau absolute. Prevalensi DM di Indonesia menempati peringkat keempat di dunia, kekerapan Diabetes berkisar antara 1,5% sampai dengan 2,3%, kecuali di Manado yang agak tinggi sebesar 6%. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Gambaran tipe diabetes millitus dalam kelompok usia di RSUD Kabupaten Kotabaru. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan rancangan studi dokumenter. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling, dianalisis dengan chi-square dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian DM tipe 1 usia kurang dari 40 tahun berjumlah 8 orang (57%) dan DM tipe 2 nya sebanyak 6 orang (43%), sedangkan usia lebih dari 40 tahun pada DM tipe 1 sebanyak 5 orang (31%) dan DM tipe 2 nya sebanyak 16 orang(69%). Hasil analisis chi-square menunjukkan p-value = 0,160 > 0,05 yang berarti Ho diterima dengan tidak ada perbedaan tipe DM pada kelompok usia kurang dari 40 tahun dan lebih dari 40 tahun. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti kelanjutan dari penelitian ini, yaitu mencari penyebab terjadinya DM tipe 1 dan DM tipe 2 dapat menyerang sama banyaknya pada seluruh kelompok usia, sehingga penelitian ini dapat dijadikan sebagai rekomendasi kepada dinas kesehatan di wilayah kerja kabupaten kotabaru untuk mengkaji lebih jauh kenapa tidak ada perbedaan antara DM tipe 1 dan DM tipe 2 terhadap berbagai kelompok usia.

Kata kunci : Diabetes Milletus (DM), kelompok usia.

Full Text:

PDF

References

Soekarjo Purwokerto. 2005. Program Pasca Sarjana UNDIP Semarang, (unpublished). Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang. p.15-30.

Riyanto B. 2007. Infeksi pada Kaki Diabetik. p.15-30. Dalam : Darmono, dkk, editors. NaskahLengkap Diabetes Mellitus Ditinjau dari Berbagai Aspek Penyakit dalam dalam rangka Purna Tugas Prof Dr.dr.RJ Djokomoeljanto. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Soewondo P. 2006. Ketoasidosis Diabetik. Dalam : Aru W, dkk, editors, Ilmu Penyakit Dalam, Jilid III, Edisi keempat. Jakarta : Penerbit FK UI.

Soegondo S. 1998. Penatalaksanaan Pasien Diabetes Mellitus. Jakarta : Penerbit FK UI.

Soegondo S. 2006. Obesitas. Dalam : Aru W, dkk, editors, Ilmu Penyakit Dalam, Jilid III, Edisi keempat. Jakarta. Penerbit FK UI.

Soegondo, Sidartawan. 2005. jumlah pengidap Diabetes Mellitus di Indonesia peringkat ke 6: www.gizi.net. Diakses pada tanggal 30 Maret 2012.

Soegondo, dkk. 2007. Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Subekti I. 2006. Neuropati Diabetik. Dalam : Aru W, dkk, editors, Ilmu Penyakit Dalam, Jilid III, Edisi keempat. Jakarta: Penerbit FK UI.

Suryatono T. 1997. Hubungan Neuropati Diabetik dengan Ulkus Diabetika pada Pasien Rawat Inap di RSCM. Jakarta : Penyakit Dalam FK UI.

Suyono S. 1999. Masalah Diabetes di Indonesia. Dalam : Noer, dkk, editors, IlmuBPenyakit Dalam, Jilid I, Edisi ketiga. Jakarta: Penerbit FK UI.

WHO. 2000. Pencegahan Diabetes Mellitus (Laporan Kelompok Studi WHO), alih bahasa dr. Arisman, Cetakan I. Jakarta : Penerbit Hipokrates.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.