PERBEDAAN KEBERHASILAN TOILET LEARNING PADA ANAK USIA 24-36 BULAN PADA TIPE NUCLEAR FAMILY DENGAN EXTENDED FAMILY DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Faisal Sanjaya, Ni Luh Putu Eka Sudiwati, Neni Maemunah

Abstract

Toilet learning adalah proses pembangunan di mana seorang anak belajar untuk menggunakan toilet dengan tepat. Sekitar 30% dari 250 juta jiwa penduduk Indonesia masih susah mengontrol BAB dan BAK (ngompol) sampai usia prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keberhasilan toilet learning pada anak usia 24-36 bulan pada tipe nuclear family dan extended family di RW 02 dan RW 06 Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Desain penelitian observasional komparatif yang bersifat Cross Sectional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebesar 50 anak, 25 anak dari tipe nuclear family dan 25 anak dari extended family. Pengumpulan data melalui lembar observasi untuk anak dan kuesioner kepada orang tua, kemudian dilakukan pengolahan dan analisis statistik Mann-Whitney U-Test. Hasil penelitian menggambarkan bahwa keberhasilan toilet learning pada anak tipe nuclear family terdapat 36% dengan kategori cukup berhasil dan keberhasilan toilet learning pada tipe extended family terdapat 60% dengan kategori berhasil. Hasil uji komparasi dengan ρ value 0.046 < 0,05. Disimpulkan terdapat perbedaan keberhasilan toilet learning pada anak pada tipe nuclear family dan extended family. Penelitian selanjutnya diharapkan bisa meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan keberhasilan toilet learning pada anak dari tipe nuclear family dan extended family.

Kata kunci : Toilet learning, nuclear family dan extended family, anak usia 24-36 bulan

Full Text:

PDF

References

Arifin, S. Ririn. 2010. Hubungan Toilet Training dengan kemampuan anak dalam melakukan eliminasi di kelurahan Dwikora Kec Medan. Universitas Sumatera Utara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Berry, K.A. 2006.Helping children with nocturnal enueresis. Bladder matters. Volume 6 No.8. 56-63.

Efendi I. 2011.Toilet Learning. http://www.dokteranakku.com/. Diakses pada tanggal 5 Januari 2012.

Hidayat, A.A.A. 2009.Metode Penelitian Keperawatan & Teknik Analisis Data. Jakarta : Selemba Medika.

Hidayat, A.A.A. 2009.Pengantar Ilmu Keperawatan Anak I. Jakarta : Selemba Medika.

Jhonshon R. danLeny R. 2010. Keperawatan Keluarga : plus contoh askep keluarga. Yogyakarta : Nuha Medika.

Kusuma, IG.R. 2010Keranjang Sampah Batok Kelapa. http://.www.Multiply.com/. Diakses pada tanggal 5 Januari 2012.

Mardiya. 2005. Membangun Keluarga Masa Depan. http://mardiya.wordpress.com/. Diakses pada tanggal 14 Desember 2011.

Nilakandi.2009. Pentingnya Toilet Training Pada Anak. http//www.kaltimpost.co.id/.Diakses pada tanggal 5 Januari 2012.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurfaidah, E. 2009. Hubungan antara persepsi dan tingkat pendidikan terhadap sikap ibu tentang toilet training. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian. Jakarta: Salemba Medika.

Olivia. 2011. Difference Between Nuclear Family and Extended Family. http://differencebetween.com/. Diakses pada tanggal 6 Februari 2012.

Seim, C.H. 1998. Toilet Training in first children.http://Findarticles.com/. Diakses pada tanggal 20 Desember 2011.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu

Stonehouse, Anne. 2010. Positive Toileting and Nappy Changing.

Subagyo.dkk. 2010. Hubungan Antara Motivasi Stimulasi Toilet Training Oleh Ibu Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Prasekolah.Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes.Volume 1 No.2. 136-140.

Sugiyono.2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprajitno. 2004. Asuhan Keperawatan Keluarga.Jakarta : EGC.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta. EGC

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.