HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DENGAN KEPATUHAN IBU DALAM PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DINOYO MALANG

Agustina Dewi Iriyanti, Ngesti W. Utami, Novita Dewi

Abstract

ASI eksklusif merupakan bayi yang hanya diberi ASI saja selama enam bulan, tanpa tambahan cairan lain dan tanpa tambahan makanan padat. Masalah akan timbul jika ibu tidak mengerti dan tidak mempunyai kepatuhan dalam pemberian ASI eksklusif bagi bayinya. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dengan kepatuhan ibu dalam pemberian ASI eksklusif. Metode penilitian ini menggunakan deskriptif korelasional dengan menggunakan populasi dan sampel 40 responden dengan tehnik sampling total sampling. Data dianalisa menggunakan uji Spearman rank, korelasi p value (0,000) < α (0,05) maka ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif dengan kepatuhan ibu dalam pemberian ASI eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo Malang. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif yaitu 60% mempunyai pengetahuan cukup baik, 25% mempunyai pengetahuan baik dan pengetahuan kurang 15%. Pada kepatuhan pemberian ASI eksklusif yang tergolong patuh 87,50%, dan tidak patuh 12,50%. Peneliti berharap agar ibu menyusui lebih meningkatkan pengetahuan ibu tentang ASI eksklusif karena sebagian besar ibu menyusui tergolong patuh tetapi pengetahuan masih cukup baik. Penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat disempurnakan lagi dengan sampel yang lebih besar, area penelitian yang lebih luas dan meneliti variabel lain diluar variabel penelitian.

Kata kunci: ASI Eksklusif, kepatuhan, pengetahuan.

Full Text:

PDF

References

Aziz, A Alimul. 2007. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah Ed. 2.Jakarta: Salemba Medika.

Depkes, RI. 2005. Pemberian ASI Eksklusif .Jakarta : Depkes RI.

Depkes, RI. 2006. ASI Eksklusif Petunjuk Untuk Petugas Kesehatan. Jakarta : Depkes RI.

Depkes, RI. 2009. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Notoatmodjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Prabantini. 2010. Makanan Pendamping ASI. Yogyakarta: C.V Andi.

Rosita. 2008. ASI Untuk Kecerdasan Bayi. Yogyakarta: Ayyana.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.