PERBEDAAN NORMALITAS TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MELAKUKAN SENAM DAN TIDAK SENAM DI WILAYAH KELURAHAN TLOGOMAS MALANG

Ahda Suhanda, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Tekanan darah adalah suatu kekuatan yang dihasilkan darah terhadap setiap satuan luas dinding pembuluh darah. Tekanan darah normal antara 110-140/80-90 mmHg. Senam Lansia adalah satu bentuk latihan fisik yang memberikan pengaruh baik terhadap tingkat kemampuan fisik manusia, bila dilaksanakan dengan baik dan benar. Senam lansia yang teratur dapat menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian in adalah Mengetahui perbedaan normalitas tekanan darah pada lansia yang melakukan senam dan tidak senam di wilayah kelurahan Tlogomas, Malang. Metode penelitian ini berupa penelitian pre eksprimental dengan rancangan case control. Teknik sampling menggunakan teknik “purposive sampling”. Sampel sebanyak 24 orang. Sampel di bagi dalam dua kelompok yaitu 12 orang kelompok senam dan 12 orang kelompok tidak senam. Pengujian menggunakan uji beda (t-test independen). Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kelompok senam terdapat 9 orang (75%) memiliki tekanan darah yang normal dan kelompok tidak senam terdapat 4 orang memiliki tekanan darah yang normal. Hasil uji statistk di dapatkan tingkat kemaknaan (Sig. (2-tailed)) sebesar 0,042 < 0,05 berarti terdapat perbedaan normalitas tekanan darah pada lansia yang melakukan senam dan tidak senam.

Kata kunci : Tekanan darah, senam lansia.

Full Text:

PDF

References

Alimul, Aziz. 2009. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta : Salemba Medika.

Dita, Anggara Kusuma. 2010. Pengaruh Aktivitas Fisik Submaksimal Selama 30 Menit Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Orang Sehat. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Jogjakarta.

Depkes RI. 2000. Pedoman Pembinaan Kesehatan Usia Lanjut Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Guyton, Arthur C. 1997. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Volume 1 Edisi 9. Jakarta: Penerbit EGC.

Istifah, Hikmah. 2011. Pengaruh Senam Tai Chi Terhadap Tekanan Darah Wanita Berusia 50 Tahun Ke Atas. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Semarang.

Kartika, Dewi. 2006. Yang Perlu Diketahui Tentang Hipertensi. Http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=862. Diakses tanggal 7 Februari 2012.

Kusuma, Dede. 2003. Aktivitas Fisik Membantu Mencegah Arteriosklerosis. www.iptek.net. Diakses tanggal 29 Maret 2012.

Maryam, dkk. 2008. Mengenal Usia lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, Wahyudi. 2005. Keperawatan Gerontik Edisi 3. Jakarta: EGC.

Nursalam, 2008, Konsep dan Penerapan Metodologi Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pudjiastiti dan Utomo. 2003. Fisioterapi pada Lansia. Jakarta: EGC.

Syatria, Arsdiani. 2006. Pengaruh Olahraga Terhadap Tekanan Darah Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Univesitas Diponegoro Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Basket. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Semarang.

Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.