HUBUNGAN ANTARA CITRA RAGA DENGAN HARGA DIRI PADA REMAJA AWAL DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 01 MALANG

Kitri Nour Hamidea, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Pertumbuhan anggota tubuh tidak seimbang dapat menimbulkan penghargaan diri negatif pada remaja dan berpengaruh pada cara interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara citra raga dengan harga diri pada remaja awal di MTs. Muhammadiyah 01 Malang. Desain penelitian menggunakan study corelasional dengan tehnik cross sectional. Populasinya seluruh kelas VIII di MTs. Muhammadiyah 01 Malang 2012. Sampel penelitian ini adalah 36 remaja awal yang berada di kelas VIII di MTs. Muhammadiyah 01 Malang 2012. Pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner, data diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistic Chi-square (x²). Hasil uji statistik penelitian sebagian besar citra raga remaja di MTs. Muhammadiyah 01 Malang 2012 adalah positif sebanyak 24 (66,6%) orang, dan sebagian besar harga diri remaja di MTs. Muhammadiyah 01 Malang 2012 adalah positif yaitu sebanyak 24 (66,6%) orang. Hasil analisis uji Chi-square di dapatkan nilai p value atau Asymp. Sig. (2 sided) sebesar 0,015 < 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara citra raga dengan harga diri pada remaja awal di MTs. Muhammadiyah 01 Malang 2012. Nilai korelasi chi-square (X²) sebesar 0,971 menunjukkan adanya korelasi kuat.

Kata kunci : Citra raga, harga diri remaja awal.

Full Text:

PDF

References

Agus, R. 2009, Pengolahan dan Analisis Data Kesehatan, dilengkapi Uji Validitas dan Reliabilitas serta Aplikasi Program SPSS, Nuha Medika.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asri, D. N dan Setiasih, 2004. Penerapan Metode Akupuntur pada Wanita Penyandang Obesitas. Anima, Indonesia Psychological Journal.

Baron, R. A. & Byrne, D. 2004. Psikologi Sosial (edisi 10). Jakarta : Penerbit Erlangga.

Branden, N. 2001. Kiat Jitu Meningkatkan Harga Diri. 2001. Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Churaisin, S. E. 2004. Hubunganantara Harga Diri dengan Kenakalan Remaja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Depok : Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Dariyo, A & Ling, Y. 2002. Interaksi social di sekolah dan harga diri pelajar sekolah umum (SMU). Jurnal Psikologi Universitas Taruma Negara.

Dariyo, A. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor: Ghalia Indonesia.

Fatimah, E. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Penerbit CV. Pustaka Setia.

Hardy, M dan Heyes, S. 1988. Pengantar Konseling (terjemahan Soemardji). Jakarta: Erlangga

Hurlock, E.B 1998. Perkembangan Anak. Alih bahasa oleh Soedjarmo & Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga.

Kurniati, S. 2004. Hubungan Antara Citra Raga Dengan Penyesuaian Diri. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mappiare, A. 1983. Psikologi Orang Dewasa, Surabaya : Usaha Nasional.

Mappiare, A. 1982. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Melliana, A. 2006. Menjelajah Tubuh Perempuan dan Mitos Kecantikan. Yogjakarta: PT Lkis Pelangi Aksara.

Monks, F. 2002. Psikologi Perkembangan. Gadjah Mada University Prees.

Monks, F.J., Knoer, A.M.P., dan Siti Rahayu Haditono. 2002. Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Gadjah Mada University Prees.

Notoatmodjo, S. 2010. Metode Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi I. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, da nInstrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Santrok, J. W. 2003. Adolescence (Perkembangan Remaja). Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrok, J. W. 2003. Adolescence (Perkembangan Remaja). Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sarwono, S. W. 2011. PsikologiRemaja, EdisiRevisi IV. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryanie, K. 2005. HubunganAntara Citra Raga dengan Narsis mepada Para Model. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tambunan, R. 2001. HargaDiriRemaja. Online.Internet.Available http://www.e-psikologi. com/remaja/240112.htm. diakses pada tanggal 12 November 2012.

Wirawan, S. 1991. “Perkembangan Jiwa Pria“ dalam Saparinah Sadli, Diatas 40 tahun Kondisi Problematik Pria dan Wanita. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Witari, D. 1997. Perilaku Makan pada Remaja Ditinjau dari Harga Diri. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.