HUBUNGAN PERILAKU JAJAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK SDN TUNGGULWULUNG 3 KOTA MALANG

Sella Damayanti, Atti Yudiernawati, Neni Maemunah

Abstract

Kondisi jajanan pada saat ini sangatlah dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas kandungan yang ada di zat gizi makanan. Sedangkan pengetahuan yang dimiliki oleh Anak sekolah dasar yang gemar sekali akan aneka jajanan yang akan berpengaruh pada satus gizi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai hubungan perilaku jajan dengan status gizi anak sekolah dasar di SDN Tunggulwulung 3 Malang.Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian non ekperimen dengan jenis korelasional dengan metode pendekatan cross sectional. Populasinya adalah siswa dan siswi di SDN Tunggulwulung Malang sebanyak 101 orang. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistic rank spearman dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil penelitian sebanyak 56,66% anak mempunyai perilaku jajan cukup. Sebanyak 96,67% anak mempunyai status gizi baik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara perilaku jajan dengan status gizi anak.

Kata kunci : Perilaku jajan, status gizi anak

Full Text:

PDF

References

Alimul, A. 2009. Riset Keperawatan dan Tekhnik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsad R A. Tanpa Tahun. Penilaian Status Gizi Anak. Tabel Baku Rujukan Who Nchs Berdasarkan Bb Tb Z Score. Diakses Tanggal 29 Maret 2012.

Depkes, RI. 2004. Analisis Situasi Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta.

Februhartanty, J, & Iswarawanti, D.N. Tanpa tahun. Amankah Makanan Jajanan.Anak Sekolah di Indonesia?. Diakses pada tanggal 14 Januari 2012.

Handayani, N. Tanpa Tahun. Peran Orang Tua, Sekolah, Dan Pedagang Pada Makanan Jajan Anak Sekolah. http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/Ed19Jan09110123.pdf. Diakses Pada Tanggal 04 Januari 2012.

Khomsan, A. 2003. Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Jakarta: Institut Pertanian Bogor.

Moehji, S. 2003. Ilmu Gizi 2. Jakarta: Papar Sinar.

Kompas. 2010. Rahasia Kecerdasan Anak. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Peter, J. D’Adamo. 2006. Eat Right for Your Baby. Jakarta : Transmedia.

Yuningsih, N. 2011. Hubungan Pengetahuan Orangtua Dengan Konsumsi Jajanan Berbahaya Pada Anak Di SDN Tunggul Wulung 3. Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Hal.205.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Cetakan I. Jakarta PT. Rineka Cipta.

Nursalam, 2003. Pendekatan Praktis Metodologi Riset Keperawatan . Jakarta : Perpustakaan Nasional RI.

Purtiantini, 2010. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Pemilihan Makanan Jajanan Dengan Perilaku Anak Memilih Makanan di SDIT Muhammadiyah Al Kautsar. Surakarta.Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan.Program Studi S1 Gizi.Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saiman, Shira. 2004. Eat right in a modern life. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer:

Suci, Euinike Sri Tyas. 2009. Gambaran Perilaku Jajan Murid Sekolah Dasar di Jakarta. Jakarta: Psikobuana. Vol. 1. No. 1.29-38.

Sugiyono, 2006. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharjo, 2003. Berbagai Cara pendidikan Gizi. Jakarta : Bumi Aksara.

Sukanto, 2000. Organisasi Perusahaan, Teori Struktur dan Perilaku Edisi 2.. Badan Penerbitan Fakultas Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Sunaryo, 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Supariasa, I D. 2002. Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC.

Suhardjo dan Kusharto, C.M. 1999. Prinsip-Prinsip Ilmu Gizi. Kanisius.

Yulianingsih, P. 2009. Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Sikap Anak Sekolah Dasar Dalam Memilih Makanan Jajanan di Madrasah Ibtidaiyah Tanjunganom, Kecamatan Baturetno, Wonogiri. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Diploma III Gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta.Yogyakarta.

Yuningsih. N, 2011. Hubungan Pengetahuan Orangtua Dengan Konsumsi Jajanan Berbahaya Pada Anak Di SDN Tunggul Wulung 3. Malang. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan. Program Studi Ilmu Keperawatan. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.