HUBUNGAN BERMAIN MEGENAL WARNA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Rita Ratnasari, Ngesti W. Utami, Yanti Rosdiana

Abstract

Bermain memiliki fungsi yang sangat luas bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, baik secara fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, maupun psikomotorik. Perkembangan secara atau tanpa mempergunakan alat yang menghasilkan pengertian atau memberikan jnformasi, memberikan kesenangan maupun mengebangkan imajinasi yang lebih mendominan pada belahan otak kiri anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan bermain megenal warna dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru. Desain penelitian ini dilakukan dengan metode korelasi yang bersifat cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja putera di asrama Sanggau Landungsari Malang angkatan tahun 2016 sebanyak 35 orang dan sampel penelitian menggunakan total sampling yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bermain mengenal warna, sebagian besar responden dikategorikan cukup yaitu sebanyak 19 orang (54,3%), perkembangan kognitif anak usia prasekolah sebagian besar dikategorikan kurang sesuai yaitu sebanyak 18 orang (51,4%), dan hasil analisis data menggunakan uji speraman rank didapatkan nilai signifikan sebesar 0,000 (p ≤ 0,05), artinya ada hubungan bermain megenal warna dengan perkembangan kognitif anak usia prasekola di TK Dharma Wanita Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru dengan nilai korelasi 0,686. Orang tua harus memberikan stimulasi dengan melakukan permainan seperti mengenal warna pada anak sesering mungkin agar kemampuan mengenal warna anak meningkat terutama pada kemampuan menunjuk dan menyebut warna.

Kata Kunci : Anak usia bermain mengenal warna, perkembangan kognitif.

Full Text:

PDF

References

Anggani, 2011. Sumber Belajar dan Alat Permainan Jakarta : Grasindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007.Pedoman Pembelajaran BidangPendidikan Kognitif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: DepartemenPendidikan Nasional Direktorat Pendidikan Dasar Menengah Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar.

Harun Rasyid, Mansyur, & Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Yogyakarta: Multi Pressindo.

Hurlock, E.B. 2000. Psikologi Perkembangan (Terj.:IstiwidayantidanSoedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Jamari. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak-Pedoman bagi Orang Tua dan Guru. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia.

Nursalam. 2005. AsuhanKeperawatan Bayi dan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Papalia, E. 2009. Human Developmen. Jakarta: Salemba Humanika.

Patmonodewo. 2010. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno, Elida. 2005. Perkembangan Anak Usia Dini dan Sekolah Dasar. Padang: Angkasa Raya.

Rasyid, Harun., Mansyur., dan Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Soetjiningsih. 2002. Tumbuh KembangAnak. Jakarta: EGC.

Susanto, 2011. PerkembanganAnak Usia Dini Pengantar dalamBerbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan AnakUsia Dini. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi: Jakarta.

Rini, 2009. Hubungan bermain mengenal warna Dengan Perkembangan kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 7 SemarangDigilib Unimus. http://digilib.unimus.ac.id(diunduh tanggal 25 November 2011.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.