HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KEFAMENANU KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA

Ludia Nepe, Sri Mudayati, Susmini Susmini

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaannya wajib diselenggarakan oleh pemerintah sebagaimana telah diamanatkan dalam UUD 1945. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuihubungan pelayanankesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di RSUD Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Rancangan penelitian yang diggunakan yaitu korelasional yang bertujuan mengungkapkan hubungan antara variabel dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap yang dirawat di RSUD Kefamenanu tanggal 9 sampai 13 Mei 2016, sampel dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang dirawat di RSUD Kefamenanu kategori pengguna BPJS sebanyak 40 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan pelayanan kesehatan peserta BPJS di RSUD Kefamenanu, sebagian besar dikategorikan cukup yaitu sebanyak 21 orang (52,5%), kepuasan pasien peserta BPJS di RSUD Kefamenanu, sebagian besar dikategorikan puas yaitu sebanyak 25 orang (62,5%), serta uji speraman rank didapatkan nilai Sig.= 0,000 (α ≤ 0,05) yang berarti data dinyatakan sangat signifikan dan terdapat korelasi positif dengan nilai Correlation Coefficient 0,573 yang berarti ada hubungan antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di RSUD Kefamenanu. Diharapkan kepada bagian pelayanan dan manajemen RSUD Kefamenanu dan petugas kesehatan yang ada di RSUD Kefamenanu untuk memberikan pelayanan kepada pasien sesuai dengan standar pelayanan publik. Karena pelayanan yang diberikan petugas kesehatan menunjukkan kualitas dari rumah sakit itu sendiri.

Kata Kunci : Kepuasan pasien peserta BPJS, pelayanan kesehatan.

Full Text:

PDF

References

Agus. 2015.Hubungan Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu

Batinggi, Achmad dan Badu Ahmad. 2007. Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta:Universitas Terbuka.

Dewi, Aulia Utami. 2015. Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo. Naskah Publikasi, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Efendi, Rustam., Alwy Arifin dan Darmawansyah. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar. Jurnal, Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM Universitas Hasanudin. Makassar.

Irawan, Handi. 2002. SepuluhPrinsipKepuasanPelangga. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasution, MN. 2005. Manajemen Pelayanan Terpadu edisi kedua. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nofiana, Hendri dan Sugiarsi Sri. 2011. Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Karanganyar. Jurnal Kesehatan, ISSN.1979-9551. 5(1). Maret 2011, Hal 90-106.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.