HUBUNGAN POLA ASUH OVER PROTECTIVE ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH DI SDN TLOGOMAS 1 KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Jojon Jojon, Tavip Dwi Wahyuni, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Pola asuh merupakan penerapan pendidikan atau ajaran yang diberikan orang tua kepada anaknya, sedangkan pola asuh overprotectivemerupakan pengasuhan yang berlebihan yang diberikan orang tua kepada anak mereka karena alasan tertentu dari mereka sehingga mereka tidak memberi kebebasan pada anak mereka untuk melakukan aktivitas yang mereka sukai. Tujuan dari penelitian ini adalah Menganalisis hubunganpola asuh overprotektive orang tua terhadap perkembangan anak usia sekolah di SDN Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang tahun 2015. Desain penelitian ini deskriptif korelasi. Jumlah populasi sebanyak 182 orang dengan Pendekatan cross sectional menggunakan teknik Purposive sampling. Jumlah sampel 36 orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dan 36 anak usia sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2015 s/d 07 Agustus 2015. Uji statistik menggunakan uji Chi-Square.Hasil penelitian didapatkan pola asuh overprotektive orang tua 17 orang (47,22%) termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan untuk perkembangan anak usia sekolah 19 orang (52,78%) berkategori baik. Hasil uji statistik di ketahui p value sebesar 0,881 > 0,05 artinya H1 di tolak, berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh overprotective orang tua terhadap perkembangan anak usia sekolah di SDN Tlogomas 1 Kecamatan Lowokwaru Malang.

Kata Kunci : Pola asuh overprotektive orang tua, perkembangan anak usia sekolah.

Full Text:

PDF

References

Alimul, Aziz A. 2012. Riset keperawatan dan aplikasi teknik penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika.

Astarini, Katarina 2013. Hubungan antara perilaku over protective orang tua dengan bullying pada siswa sdn bendan ngisor.Fakultas ilmu Pendidikan. Skripsi: Semarang.

Ela. 2013. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Keberhasilan Toilet Learning Pada Anak Usia Toddler (tidak diterbitkan). Malang: Perpustakaan Unitri

Halim , Dinna R. 2014. Hubungan perilaku over protective orang tua dengan Strategi koping remaja. Skripsi: Purwokerto.

Inda, Theofila. 2012. Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK Bani Ahmad (tidak diterbitkan). Malang: perpustakaan unitri.

Iqbal, Hasan. 2010. Analisa data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kus Ana. L. 2013. http://irrafeisal. blogspot.com/2013/07/pola-asuh-overprotektif-bikin anak.html. di akses Tanggal 16 desember 2014.

Nurela. 2012. Hubungan antara perilaku over protective orang tua Dengan penyesuaian diri remaja. IAIN: Cirebon.

Rahayu, Mardiyatun M. 2012. http:// kemampuan-berpikir.html.diakses. Diakses tangal 02 februari 2015.

Santrock, John W. 2011. Masa perkembangan anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Sri Jayantini dkk. 2014. hubungan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa kelas xi sma. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. volume: 2:2.

Sulaiman, Reza. 2014. Polaasuh makin modern, orang tua di asia cenderung overprotective terdapat dalam http://health.detik.com. Diakses tanggal 4 Juni 2015.

Suyanto. 2011. Metodologi dan aplikasi penelitian keperawatan. Yogyakarta: Nuhamedika.

Yosefina, Nelista. 2013. Hubungan pola asuh ibu dengan perilaku health maintenance pada anak kelas iv, v dan vi di sekolah dasar inpres iligetang. Skripsi : Maumere

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.