DUKUNGAN KELUARGA MEMPENGARUHI KEPATUHAN MINUM OBAT PASIEN SKIZOFRENIA

Kristiani Bayu Santoso, Farida Halis Dyah Kusuma, Erlisa Candrawati

Abstract


Skizofrenia dalam proses pengobatannya tidak dapat terlepas dari adanya dukungan keluarga dalam meningkatkan kepatuhan mengkonsumsi obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pasien skizofrenia.Rancangan penelitian cross sectional, sampel sebanyak72 orang yang dipilih menggunakan teknik insidental sampling.Penelitian dilakukan di Poli Kesehatan Jiwa Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wedioningrat Lawang dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan dukungan keluarga terhadap pasien skizofrenia yang sedang menjalani rawat jalan tergolong baik (58,3%). Kepatuhan minum obat tergolong patuh (91,7%). Uji statistik Spearman rank dengan nilai p= 0,002< α= 0,05. Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pasien skizofrenia, dengan kriteria hubungan sangat erat r= 0,750. Keluarga dan rumah sakit diharapkan dapat meningkatkan motivasi untuk mempertahankan kepatuhan minum obat pasien skizofrenia.

Kata kunci: dukungan keluarga, kepatuhan minum obat, skizofrenia

Full Text:

PDF

References


Drennan,V. & Graw, C. 2000. Australian College of Pharmacy Practice. Journal Ners.

Hawari, D. 2006. Pendekatan Holistik Pada Gangguan Jiwa Skizofrenia. Edisi 2.Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Kaplan, dkk. 1997. Terjemahan: Sinopsi Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis. Edisi ke tujuh jilid Satu. Jakarta: Binarupa Aksara.

Keliat, B.A., 2000. Peran Serta Keluarga Dalam Perawatan Klien Gangguan Jiwa. Jakarta: EGC.

Kodriati. 2004. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Pada Lansia Di PSTW Yayasan Karya Bakti Ria Pembangunan Cibubur Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Maramis, W. F. 2005. Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga: University Press.

Prasetyo. 2006. Konsep Dasar Skizofenia. http://darwismamin.wordpress.com/keperawatan/konsep-dasar- skizofrenia-dan-penyebabnya diakses tanggal 25 November 2011.

Suliswati dkk, 2004.Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.