HUBUNGAN PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG PERUBAHAN FISIK PADA MASA PUBERTAS DENGAN TINGKAT STRES

Ida Herwati, Joko Wiyono, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi dalam kehidupan dimana pada fase ini individu mengalami perubahan dari anak-anak menuju dewasa. Perubahan yang paling mencolok adalah perubahan fisik yang terjadi secara alamiah dan terkadang remaja tidak tahu terhadap perubahan tersebut yang menyebabkan mereka cemas dan malu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan remaja putri tentang perubahan fisik pada masa pubertas dengan tingkat stres di MTs Muhammadiyah 1 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswi kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Malang Kecamatan lowokwaru yang berjumlah 30 siswi dan teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan remaja putri tentang perubahan fisik pada masa pubertas sebagian besar dikategorikan baik yaitu sebanyak 13 siswi (43,33%), tingkat stres sebagian besar dikategorikan stres ringan yaitu sebanyak 14 siswi (46,67%), serta analisis pearson product moment didapatkan nilai sig. sebesar 0,008 (α ≤0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan dan terdapat korelasi negatif dengan nilai Correlation Coefficient -0,762. Disarankan untuk meningkatkan pengetahuan pada remaja putrid yaitu dengan mencari informasi tentang perubahan fisik pada masa pubertas, baik melalui media elektronik maupun non elektronik agar dapat mempersiapkan diri terhadap perubahan yang terjadi.

Kata Kunci : Masa pubertas, pengetahuan, tingkat stres.

Full Text:

PDF

References

Asiyah, Nur., Diah Andriani K dan Yuni Anita. 2015. Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Usia 11-14 Tahun dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Perubahan Seks Sekunder di MTs Safinatul Huda Sowan Kidul Jepara. Jurnal, Volume 6 No. 2 Agustus 2015 68-85.

Depkes RI. 2002. Modul Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Depkes RI. 2010. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2010. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Istiqomah. 2010. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Tentang Perubahan Fisik pada Masa Pubertas dengan Gambaran diri Remaja Putra di SLTP Negri 29 Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Jihadi, Islah Akhlaqunnisa & Titin Ungsianik. 2013. Pengetahuan dan Sikap Remaja Mengenai Perubahan Fisik dan Psikososial pada Masa Pubertas. Jurnal, Fakultas Ilmu Kedokteran, Universitas Indonesia. Depok.

Kemenkes RI. 2014. INFODATIN: Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Liberty, Erdita. 2013. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi Diploma III Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada. Surakarta.

Maspaitella. 2012. Pengetahuan dan Sikap Remaja Mengenai Perubahan Fisik dan Psikososial pada Masa Pubertas. Jurnal, Fakultas Ilmu Kedokteran, Universitas Indonesia. Depok.

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. 2003. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Rahma, R.M. 2009. Konsep Diri. Diakses di www.pmii-ciputat.or.id diakses pada tanggal 27 Februari 2017.

Ricci & Kyle. 2009. Pengetahuan dan Sikap Remaja Mengenai Perubahan Fisik dan Psikososial pada Masa Pubertas. Jurnal, Fakultas Ilmu Kedokteran, Universitas Indonesia. Depok.

Rohmaniah, S. N. Inayah. 2014. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri dalam Menghadapi Perubahan Fisik Saat Pubertas di Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat. Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Sulistina, D Ratna. 2009. Hubungan Pengetahuan Menstruasi dengan Perilaku Kesehatan Putri tentang Menstruasi di SMPN I Trenggalek. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi D IV Kebidanan, Fakuktas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Widyastuti, Dkk. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.