HUBUNGAN PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS WISATA DAU MALANG

Sri Purwanti, Swito Prastiwi, Yanti Rosdiana

Abstract

Pelayanan kesehatan bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan seseorang, pelayanan yang tepat dan sesuai standar akan memberikan kepuasan bagi pasien untuk menilai kinerja layanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan perawat dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. Desain penelitian mengunakan desain analitik korelasi cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 97 pasien rawat jalan dengan penentuan sampel penelitian menggunakan sampel aksidental sampling yang berarti teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu korelasi pearson dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan sebagian besar 72,2% responden mendapatkan pelayanan baik dan sebagian besar 59,8% responden merasa puas terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Wisata Dau Malang, sedangkan hasil korelasi pearson didapatkan p-value = 0,000 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelayanan perawat dengan kepuasaan pasien rawat jalan di Puskesmas Wisata Dau Malang. Perawat perlu mempertahankan pemberian pelayanan yang baik dengan member pelayanan tepat, cepat, selalu tersenyum dan ramah terhadap pasien. Sedangkan diharapkan masyarakat untuk lebih terbuka lagi dalam menyampaikan kritik dan saran sehinga dapat memberikan masukan untuk pelayanan kesehatan yang akan datang.

Kata Kunci : Pelayanan perawat, kepuasaan pasien, rawat jalan, puskesmas Wisata Dau Malang.

Full Text:

PDF

References

Abdilah, Ramdan. 2009. Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Sidangkerto Kab Bandung Barat.Jurnal: Universitas Bandung.

Efendi, Ferry. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktikdalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Maulana, A. A. 2013. Sistem Pelayanan Kesehatan, Tujuan Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Pohan, Imbalo S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Simamora, Roymond. 2009. Dokumentasi Proses Keperawatan. Jember: JemberUniversity Press.

Supriyanto, E. 2010. Faktor-faktor kepuasan kerja. http: //thesis. Binus. ac.id/doc/bab1/2012-1-00570-ps%20bab%201.pdf. Diakses tanggal 17 November 2014.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.