PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 2-3 TAHUN PADA IBU BEKERJA DAN IBU TIDAK BEKERJA DI KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Lastri Lastri, Ngesti W. Utami, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Profesi ibu baik sebagai ibu bekerja atau ibu rumah tangga juga memberikan perkembangan social anak yang kurang baik jika pendampingan kurang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan sosial anak usia 2-3 tahun pada ibu yang bekerja dan tidak bekerja di RW 06 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Desain penelitian mengunakan desain cross sectional dengan pendekatan studi komparatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 ibu bekerja dan 14 ibu tidak bekerja yang diambil menggunakan teknik accidental sampling dimana pengambilan sampel sesuai dengan sumber data yang cocok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu mann whitney dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa lebih dari separuh (64,7%) perkembangan sosial anak usia 2-3 tahun kurang sesuai pada ibu yang bekerja danlebih dari separuh (71,4%) perkembangan sosial anak usia 2-3 tahun kurangsesuai pada ibu yang tidak bekerja di RW 06 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, sedangkanuji mann whitney dinyatakan ada perbedaan perkembangan sosial anak usia 2-3 tahun pada ibu yang bekerja dan tidak bekerja di RW 06 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan p-value (0,004 < 0,050). Diperlukan peran kedua orang tua untuk meningkatkan kualitas pendampingan terhadap anak dan memberikan perhatian yang cukup kepada anak dengan menyediakan waktu luang untuk berinteraksi bersama.

Kata Kunci : Anak usia 2-3 tahun, ibu yang bekerja dan tidak bekerja, perkembangan sosial

Full Text:

PDF

References

Ahmad, S. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar Dalam Berbagai Aspek. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Feverish. 2011. Peran Ibu dalam Keluarga. http:/www.bundainbis.com/peran-ibu-dalamkeluarga.html. Diakses pada tanggal 11 April 2016.

Ikalor, A. 2013. Pertumbuhan dan Perkembangan. Jurnal Pertumbuhan dan Perkembangan. Volume: 7, Nomor 1. Mei 2013: 1-6. ISSN: 2104-1994.

Mayar, F. 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta‟lim, Jilid 1. Nomor 6 November 2013, hlm. 459-464.

Moersintowarti B. Narendra, Titi S. Sularyo, Soetjiningsih, Hariyono Suyitno, Gde Ranuh, Sambas Wiradisuria. 2008. Tumbuh Kembang Anak dan Remaja, Jakarta : CV. Sagung Seto.

Salmanjuli. 2008. Pengaruh ibu bekerja disektor formal terhadap peran ibu dalamkesehatan keluarga. http://Salmanjuli.Blogspot/2008/09/pengaruh-ibu-bekerja-di-sektorformal.html. Diakses pada tanggal 20 April 2016.

Santrock. 2011. Life-SpanDevelopment: Perkembangan Masa-Hidup. Edisi 13. Jilid 1. Alih Bahasa: Widyasinta Benedictine. Jakarta: Erlangga.

Siregar. 2011. Peran Ibu Bekerja Dan Ibu Tidak Bekerja Dalam pendidikan Anak. Jurnal universitas Sumatra utara Volume 6 , Nomor 1. Agustus 2011, hlm.654-694.

Soetjiningsih, Hc. 2012. Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.