HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG BAHAYA MEROKOK DENGAN MENGKONSUMSI ROKOK PADA MAHASISWA (IKAWASBA) DI TLOGOMAS KOTA MALANG

Betsi Beba Sairo, Joko Wiyono, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Pengetahuan atau kognitif merupakan domain yang sangat penting untuk terbentuk nya suatu tindakan seseorang. Pengetahuan akan berpengaruh pada perilaku seseorang, dan dari perilaku tersebut akan memiliki efek yang buruk bagi kesehatan dan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Perilaku tersebut adalah mengkonsumsi rokok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang bahaya merokok dengan mengkonsumsi rokok pada Mahasiswa IKAWASBA di Tlogomas Malang. Desain penelitian ini adalah cross sectional. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan tentang bahaya merokok (variabel independen) dan konsumsi rokok (variabel dependen). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 116 orang mahasiswa IKAWASBA di Tlogomas Malang. Sampling yang digunakan adalah Purposive sampling, dengan sampel berjumlah 35 orang yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi rokok. Hasil penelitian menunjukan hampir setengah responden yang mempunyai pengetahuan kurang baik tentang bahaya merokok lebih banyak perokok berat (40,0%), sedangkan sebagian kecil (5,7%) responden yang mempunyai pengetahuan kurang baik dan perokok sedang. Hasil pengujian statistik spearman rank diperoleh hasil ada hubungan pengetahuan tentang bahaya merokok dengan konsumsi rokok dengan p-value 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar -0,881. Disarankan kepada mahasiswa dapat memikirkan akibat yang terjadi bila merokok secara terus-menerus, dengan menjaga kesehatan diri sendiri dan orang lain, mengurangi konsumsi rokok dan dapat mengembangkan informasi tentang bahaya merokok, serta banyak mencari informasi tentang bahaya dari merokok yaitu melalui media sosial seperti televisi, internet, dan lain-lain.

Kata kunci : Bahaya merokok, konsumsi rokok , pengetahuan.

Full Text:

PDF

References

Aditama. 2006. Matikan rokok, hidupkan semangat Jalan Menuju Hidup Sehat Bermakna. Bandung: Amanah Publishing House.

Baequni, & Nasir. NM. 2006. Gambaran Perilaku Merokok Civitas Akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Medika Islamika : jurnal kedokteran kesehatan, dan keislaman. Vol 2 No. 1.

Hidayat AAA. 2007. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Nehl, et al. 2009 . Non smoking college student.

Nursalam. 2007. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Sugiyono. 2000. Statistik Untuk Kedokteran. Bandung: CV Alfabeta.

Soekidjo, Notoatmodjo. 2007. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

______. 2005. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta

______. 2006. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Sutyoso. 2004. Determinan perilaku merokok pada mahasiswa Universitas Indonesia tahun 2009. Fakultas Ilmu Keperawatan. Depok.

Wanto. 2010. Persepsi mahasiswa terhadap kawasan tanpa asap rokok dilingkungan universitas Indonesia. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.