HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD KECAMATAN MAGELANG SELATAN

Cendy Dwiayu Ashari, Ngesti W. Utami, Susmini Susmini

Abstract

Pola asuh orang tua adalah pola perilaku yang diterapkan pada anak dan bersifat relatif konsisten dari waktu ke waktu. Pola perilaku ini dapat dirasakan oleh anak dan bisa memberi efek negatif maupun positif. Orangtua memiliki cara dan pola tersendiri dalam mengasuh dan membimbing anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun di PAUD Kecamatan Magelang Selatan. Desain penelitian menggunakan korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 30 responden. Instrumen penelitian menggunakan wawancara untuk orang tua dan tes perkembangan kognitif untuk anak. Sebagian besar pola asuh orang tua adalah pola asuh demokratis (53,3%) dan mayoritas perkembangan kognitif adalah kriteria diatas rata-rata (83%). Analisa data menggunakan uji korelasi product moment dengan kategori korelasi point biserial. Uji hipotesis menunjukkan r hitung > r tabel, r hitung = 0,439 sedangkan r tabel (0,374) maka terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan kognitif yang artinya pola asuh orang tua sangat mempengaruhi tingkat perkembangan kognitif anak dengan hasil uji analisis dengan hasil hubungan yang kuat. Dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua murid PAUD Kecamatan Magelang Selatan adalah demokratis dan kriteria perkembangan kognitif murid PAUD Kecamatan Magelang Selatan yaitu diatas rata-rata. Disarankan orang tua untuk mempertahankan dan meningkatkan pola asuh orang tua yang baik untuk masa depan anak dengan lebih sering membaca dan mencari tahu agar wawasan lebih berkembang mengenai teori-teori ataupun metode pengasuhan anak terbaru.

Kata Kunci : Perkembangan kognitif, pola asuh, orang tua.

Full Text:

PDF

References

Ahmad & Mubsar. 2011. Dinamika Perkembangan Anak & Remaja: Tinjauan Psikolohi Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: Refika Aditama.

Alimul Hidayat, Aziz A. 2009. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Jakarta: Salemba Medika.

Bahri, Syaiful. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta : Rineka Cipta.

Clarissa, S & Darmalim, V. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Kelas XI IPA di SMA Kristen Petra 3 Tahun Ajaran 3013/2014. Tidak diterbitkan.

DepKes RI. 2006. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Djamarah. 2014. Guru dan Anak Didik. Jakarta : Rineka Cipta.

Edward, C. D. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung : Kaifa.

Hadari, Nawawi. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University.

Handoko. 2013. Statistika Kesehatan. Yogyakarta : Rohima Press.

Iqbal, Hasan. 2012. Modeling Managemen. Ed 13 Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

King, L. A. 2014. The Science of Psychology: An Appreciative (3rd ed). New York : MC Graw Hill Education.

Nursalam. 2005. Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam, Sri utami dkk 2008. Asuhan Keperawatan Bayidan Anak Cetakan kedua. Salemba Medika. Jakarta.

Papalia, Diane E., Olds, Sally W., & Feldman, Ruth D. 2008. Human development Jilid 1. Jakarta : Prenando Group.

Potter, A. Patricia & Anne, G. Perry. 2009. Fundamental Keperawatan. Edisi 7. Jakarta : Salemba Medika.

Robert V. Kail dan John C. Cavanaugh. 2007. Human Development: A Life-Span View., Thomson Wadsworth. United State. Chapter 6 pp.219-244.

Saidah, E. S. 2003. Pentingnya Stimulasi Mental Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini. No.01.

Soetjiningsih. 2007. Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta:Sagup Seto.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman. 2000. Buku saku perkembangan anak. Jakarta: EGC.

Sulistyo-Basuki. 2006. Metode Penelitian. Jakarta:Weditana Widya.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Masa Usia Dini. Yogyakarta : PT Bintang Pustaka Abadi.

Yusuf, Syamsu. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.