ANALISIS FAKTOR KEHADIRAN LANSIA DALAM MENGIKUTI POSYANDU DI DESA PAGERSARI KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG

Aplonia Amaral, Joko Wiyono, Erlisa Candrawati

Abstract


Kegiatan posyandu lansia memberikan kemudahan bagi lansia dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, sehingga kualitas hidup masyarakat diusia lanjut tetap terjaga dengan baik. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui faktor kehadiran lansia dalam mengikuti posyandu di Desa Pagersari Kecamatan Ngantang Malang. Desain penelitian mengunakan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 43 lansia dengan penentuan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu odds ratiodengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan kurang dari separuh (39,5%) lansia yang berpengetahuan baik memiliki peluang 4,97 kali lebih besar untuk hadir di posyandu dari pada yang berpengetahuan kurang. Serta kurang dari separuh (37,2%) lansia yang mengalami dukungan keluarga kurang memiliki peluang 6,74 kali lebih besar untuk hadir di posyandu dari pada yang dukungan keluarga baik. Saran bagi lansiauntuk meningkatkan keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu perlu adanya upaya peningkatan pengetahuan dan dukungan keluarga.

Kata Kunci : Posyandu lansia, dukungan keluarga, pengetahuan.

Full Text:

PDF

References


BPS. 2010. Statistik Indonesia. Jakarta

Depsos RI. 2009. Dukungan Kelembagaan dalam Kerangka Peningakatan Kesejahteraan Lansia (Kantor Urusan Pemberdayaan Lansia). Jakarta: Departemen social RI.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. 2014. Profil Kesehatan Kabupaten Sukoharjo Tahun 2013. Dinkes Kabupaten Sukoharjo.

Effendy, 1998.Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC

Effendi. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktek Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba medika.

Handayani. 2012. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Lansia Dalam Mengikuti Posyandu Lansia Di Posyandu Lansia Jetis Desa Krajan Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Jurnal STIKES.

Handayani. 2012. Pemanfaatan Pos Pembinaan Terpadu Oleh Lanjut Usia Di Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Tahun 2012 Dan Faktor Yang Berhubungan.

Ismawati, C. 2010. Posyandu dan Desa Siaga panduan untuk Bidan dan Kader. Yogyakarta : Nuha Medika.

Maryam, dkk . 2008. Mengenal usia lanjut dan perawatanya. Jakarta: Salemba Medika.

Setiadi. 2008. Kosep Dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wijayanto, A . 2008. Hubungan antara support system keluarga dengan mekanisme koping pada lansia di desa Poleng Gesi Sragen. Skripsi. UMS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.