HUBUNGAN ANTARA PERAN IBU DALAM PEMENUHAN GIZI ANAK DENGAN STATUS GIZI ANAK PRASEKOLAH DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN 2 TLOGOMAS KOTA MALANG

Yoseph Denianus Nong Yendi, Ni Luh Putu Eka, Neni Maemunah

Abstract

Gizi merupakan faktor yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan. Gizi yang seimbang perlu manjadi perhatian bagi setiap orang tua terutama ibu karena jika gizi yang masuk dalam tubuh anak tidak seimbang akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Peran seorang ibu sangat penting atau dibutuhkan dalam pemenuhan gizi pada anak.Pengetahuan dan keterampilan yang memadai seharusnya dimiliki oleh ibu sebagai modal dalam pemenuhan gizi bagi anak. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan antara peran ibu dengan status gizi anak prasekolah. Desain penelitian ini bersifat deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Dilaksanakan di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Tlogomas Malang.Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling (total population) sebanyak 44 responden. Pengumpulan data status gizi anak menggunakan alat ukur tinggi badan dan berat badan dengan menggunakan indeks antropometri BB/TB dan untuk mengukur peran ibu digunakan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh dari 44 responden, ibu yang memiliki peran baik yaitu 32 (72,2%). Didapatkan hasil penelitian status gizi anak prasekolah yang berstatus gizi baik sebanyak 36 anak (81.82%). Didapatkan adanya hubungan peran ibu dalam pemenuhan gizi anak dengan status gizi anak prasekolah, diperoleh nilai ρ-value = 0,00 < α 0,05 artinya H1 diterima. Nilai korelasi (Spearman's rho) 0,780 membuktikan hubungan sebesar 78% (Kuat). Kesimpulannya adalah ada hubungan peran ibu dalam pemenuhan gizi anak dengan status gizi anak prasekolah di TK Dharma Wanita Persatuan 2 Tlogomas Malang.

Kata Kunci : Anak prasekolah, peran ibu, status gizi.

Full Text:

PDF

References

Almatsier, S. 2010. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Ed. Rev. Jakarta : Rineka Cipta.

Arisandi. 2011. PengertianPeran. [Online].http://deniarisandi.wordpress.com/2011/02/07/pengertian-peran/ diakses tanggal 23 september 2014.

Arisman, 2009.Penilaian Status Gizi Perorangan dalam Gizi dalam Daur Kehidupan.Ed. 2. Jakarta : EGC.

Bapenas. 2010. Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi 2011-2015. Jakarta.

Friedman, 1998. Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC.

Karomah, A. 2013. Faktor-faktor yang berhubungan dengan status gizi lebih pada anak pra sekolah di Tk Salman ITB Ciputat. Skripsi UIN Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2010. Standar Antropometri Penilaian Atatus Gizi Anak. Jakarta.

Notoatmodjo, S. 2011. Kesehatan Masyarakat : Ilmu dan Seni ed. Rev. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis Ed. 3. Jakarta : Salemba Medika.

Marmi. 2013. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Riyanto, A. 2011.Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Sulistyoningsih, S. 2011. Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Supariasa, I., Bakri, B., Fajar, I. 2001. Penilaian Status Gizi. Jakarta : EGC.

Waryono. 2010. Gizi Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Rihana.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.