PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG KB TERHADAP MOTIVASI DALAM MEMILIH ALAT KONTRASEPSI DI DESA BERA DOLU SUMBA BARAT NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)

Anggraini Jaga Ulle, Ngesti W. Utami, Susmini Susmini

Abstract

Program pelayanan Keluarga Berencana mempunyai arti penting dalam mewujudkan masyarakat indonesia yang sejahtera, disamping program pendidikan dan kesehatan. Kesadaran mengenai pentingnya kontrasepsi di indonesia masih perlu di tingkatkan untuk mencegah terjadinya peningkatan jumlah penduduk di Indonesia pada tahun 2015.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan tentang Keluar ga Berencana terhadapmotivasi dalam memilih alat kontrasepsi. Desain penelitian mengunakan desain pre-eksperimental dengan one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah Pasangan Usia Subur yang belum menggunakan alat kontrasepsi sebanyak 167 orang yang berada di Desa Bera Dolu Sumba Barat NTT. Sampel dalam penelitian ini adalah pasangan usia subur yang memenuhi kriteria inklusi yaitu telah memiliki anak, belum pernah menggunakan alat kontrasepsi dan tidak ada kontraindikasi dalam menggunakan kontrasepsi. Dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 33 pasangan usia subur. Instrument yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Chi-Square. Hasil penelitian membuktikan bahwa sebanyak 63,6% responden memiliki motivasi yang lemah dalam memilih alat kontrasepsi sebelum penyuluhan. Setelah dilakukan penyuluhan sebanyak 81,8% responden memiliki motivasi yang kuat dalam memilih alat kontrasepsi. Berdasarkan nilai signifikansi yaitu 0,001 dengan nilai α (0,05), dapat disimpulkan terdapat pengaruh penyuluhan kesehatan tentang Keluarga Berencana terhadap motivasi dalam memilih alat kontrasepsi di Desa Bera Dolu Sumba Barat NTT. Berdasarkan uraian diatas, perlu ditingkatkan frekuensi pemberian penyuluhan sehingga pasangan usia subur mememiliki pemahaman dalam menggunakan alat kontrasepsi.

Keywords

Keluarga Berencana, Kontrasepsi, Motivasi, Penyuluhan Kesehatan

Full Text:

PDF

References

BKKBN. 2012. Rencana Strategi Kebijakan dan Sosial Budaya Pemerintah. Hal 88-90

BKKBN. 2014. Bunga Rampai. Jakarta: BKKBN.

Saifuddin. 2010. Panduan Praktis Pelayanan Konterasepsi Edisi 2. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Saifudin. 2003. Buku Pedoman Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: Bina Pustaka.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.