PERBEDAAN KUALITAS TIDUR MENDENGARKAN MUSIK DENGAN TANPA MENDENGARKAN MUSIK DI ASRAMA PUTRI KEPERAWATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Herlinawati Herlinawati, Susi Milwati, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Kebutuhan tidur bervariasi pada tiap kelompok umur. Faktor yang mempengaruhi kualitas tidur salah satunya adalah musik. Alunan musik dapat menstimulasi tubuh memproduksi molekul Nitrat Oksida, molekul ini bekerja pada tonus pembuluh darah sehingga dapat mengurangi tekanan darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas tidur mendengarkan musik dengan tanpa dengar musik di asrama putri keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Penelitian ini menggunakan desain Komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Semester 2 di Asrama Putri Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi berjumlah 57 orang, Pengambilan sampel menggunkan teknik simple random sampling didapatkan sebanyak 50 orang. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah; mahasiswi yang tinggal di asrama putri tidak menderita sakit parah (rawat inap), bersedia menjadi responden, dan berusia 18-21 tahun. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik paired sample T test dengan derajat kemaknaan (0,05). Hasil penelitian (44%) responden yang mendengarkan musik sebelum tidur memiliki kualitas tidur cukup dan (44%) responden tanpa mendengarkan musik sebelum tidur memiliki kualits tidur yang kurang. Analisis Paired Samples T Test di dapatkan hasil α 0,011 < 0,05, artinya terdapat perbedaan kualitas tidur mendengarkan musik dengan tanpa mendengarkan musik di asrama putri keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Direkomendasikan kepada mahasiswa kurang lebih 30 menit mendengarkan musik sebelum tidur akan membuat kualitas tidur menjadi baik.

Keywords

Kualitas Tidur, Mahasiswi Keperawatan, Musik

Full Text:

PDF

References

Djohan. 2008. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yogyakarta: Penerbit Buku Baik.

Harsono. 2013. Pengaruh Terapi Musik Jazz Terhadap Tingkat Stress Pada Mahasiswa Semester 8 Yang Mengerjakan Skripsi Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.

Hidayat, A. A. A. 2009. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Novianti. 2014. Pengaruh Terapi Music Keroncong Dan Aroma Terapi Lavender Terhadap Peningkatan Kualitas Tidur Lansia Dipanti Wredha Dharma Bakti Kasih. Skripsi. Program Studi S-1 Keperawatan Stikes Kusuma Husada. Surakarta.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses dan Praktik Edisi 4 Volume 2. Jakarta: EGC.

Robotham, D., Chakkalackal, L., Cyhlarova, E. 2011. Robotham: The Impact Of Sleep On Health And Wellbeing. Mental Health Foundation. Sleep Matters.

Widyastuti. 2013. Perbedaan Efektifitas Terapi Musik dengan Teknik Relaksasi Progresif terhadap Peningkatan KualitasTidur Lansia di Banjar Peken Desa Sumerta Kaja, Program Studi Ilmu Keperawatan UNUD;Denpasar, https://ojs.unud.ac.id/index.php/coping/article/view/6127/4618. Diakses pada tanggal 25 Mei 2015.

Wisundari. 2013. Perbedaan Kualitas Tidur Pada Remaja Putri yang Menggunakan Lampu dan Tidak Menggunakan Lampu di Asrama Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Malang.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.