HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA LAKI–LAKI DI DESA T KABUPATEN MOJOKERTO

Nur Windahsari, Erlisa Candrawati, Warsono Warsono

Abstract

Menurut Global Tabacco Surveillance System Data, tahun 2012 pelajar sudah pernah merokok pada usia 15-18 tahun dengan persentasi perokok pria 57,8% dan perempuan 6,4%. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku merokok pada remaja adalah faktor lingkungan seperti faktor keluarga, teman sebaya dan media massa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan dengan perilaku merokok pada remaja laki-laki di Desa T Kabupaten Mojokerto. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 25 remaja laki-laki di Desa T Kabupaten Mojokerto. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, sehingga didapatkan sampel berjumlah 25 remaja laki-laki usia 12– 22 tahun di Desa T Kabupaten Mojokerto. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji Spearman rho.Hasil penelitian membuktikan bahwasebagian besar 17 (68,0%) responden berada pada faktor lingkungannegatif dan sebagian besar 18 (72,0%) responden memiliki perilaku merokok kategori sedang. Berdasarkan uji Spearman rho didapatkan nilai p value = 0,005<α (0,05) yang berarti H0 ditolak, artinya ada “Hubungan Faktor Lingkungan dengan Perilaku Merokok pada Remaja Laki-laki di Desa T Kabupaten Mojokerto”, dimana semakin negatif lingkungan akan menyebabkan semakin tinggi pula perilaku merokok pada remaja. Disarankan remaja laki-laki untuk mengurangi perilaku merokok yang berlebihan harus bergaul dengan lingkungan yang positif atau memilih bergaul dengan teman yang tidak merokok.

Keywords

Faktor Lingkungan, Perilaku Merokok, Remaja Laki-laki

Full Text:

PDF

References

Dewi, N. C 2008. Remaja Putri Indonesia Merokok karena Ingin Langsing. Diperoleh dari http://news.detik.com/read/2008/08/27/163858/995733/100/remaja-putri-indonesia-merokok-karena-ingin-langsing. Diakses pada Tanggal 05 Mei 2016.

Hurlock, E. B. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Komalasari, D & Helmi, A F. 2000. Faktor-faktor Penyebab Perilaku Merokok pada Remaja. Skripsi. Psikologi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Notoatmodjo, S. 2010. Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosdiana. 2011. Dinamika Perilaku Merokok Remaja Ditinjau dari Pengaruh Teman Sebaya dan Terpaan Iklan Rokok.Skripsi. Jurusan Psikologi Universitas Indoneisa. Jakarta.

Santrock, J. W. 2007. Remaja jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sa’diah, L. W. 2007. Hubungan antara Perilaku Merokok dengan Kepercayaan diri siswa.Skripsi. Jurusan Psikologi Universitas Islam Negeri. Malang.

WHO. 2012. Tabacco Surveillance. Diperoleh dari www.who.int/ tabacco/surveillance/gyts/. Diakses pada Tanggal 05 Mei 2016.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.