PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIPERTENSI TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU GAYA HIDUP KLIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS DAU KABUPATEN MALANG

Rendi Rendi, Tavip Dwi Wahyuni, Warsono Warsono

Abstract

Hipertensi merupakan penyebab umum terjadinya stroke dan serangan jantung. Penyakit ini sering disebut sebagai “silent killer” karena kebanyakan hipertensi yang terjadi hanya terdeteksi saat dilakukan pemeriksaan fisik karena alasan penyakit tertentu Hipertensi dapat dicegah salah satunya dengan melakukan perubahan gaya hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang hipertensi terhadap perubahan perilaku gaya hidup klien hipertensi. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Exsperiment dengan pendekatan Nonequivalent Pretest And Posttest With Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua klien hipertensi yang ada di Puskesmas Dau Malang pada bulan Maret 2016 sebanyak 102 orang. Sampel penelitian adalah klien Hipertensi yang berkunjung ke Puskesmas Dau Malang berjumlah 20 responden. Sampel dibagi menjadi 10 kelompok eksperimen dan 10 kelompok kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan kriteria klien yang mengalami hipertensi primer. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner. Metode analisa data dengan paired t test. Hasil penelitian menunjukkan sebelum pendidikan kesehatan pada kelompok eksperiment adalah 9 orang (90%) berperilaku cukup, 1 orang (10%) berperilaku kurang, dan setelah pendidikan kesehatan 6 orang (60%) berperilaku baik dan 4 orang (40%) berperilaku cukup. Hasil uji statistik menunjukkan ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang hipertensi dengan p Value = 0.001 <α 0.050. Pendidikan kesehatan akan mampu meningkatkan perilaku gaya hidup yang lebih baik bagi klien hipertensi dalam proses penyembuhan penyakit hipertensi di Puskesmas Dau Kabupaten Malang.

Keywords

Hipertensi, Pendidikan Kesehatan, Perilaku Gaya Hidup.

Full Text:

PDF

References

Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. Jakarta.

Dewi, R. 2011. Penyakit Pemicu Stroke. Yogyakarta: Nuha Medika.

Hanata dkk, 2011. Pola Hidup Sehat untuk Lansia. Jakarta: Toga Putra.

Munthe, T. 2010. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Hipertensi Terhadapa Perilaku Penderita Hipertensi Di Puskesmas Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Mentawai. Skirpsi. Universitas Andalas. Padang.

Nisa, I. 2012. Ajaibnya Terapi Herbal Tumpas Penyakit Darah Tinggi. Jakarta: Dunia Sehat.

Purwanto. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanti, M.T. 2012. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Hipertensi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Mengelola Hipertensi Di Puskesmas Pandaan Semarang. Skripsi. Stikes Elisabeth. Semarang

Tirtana, A. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Hipertensi Pada Lansia Hipertensi Di Rw 04 Tegal Rejo Kelurahan Tegal Rejo. Skripsi. STIKES Aisyiyah. Yogyakarta.

Triyanto, E. 2014. Pelayanan keperawatan bagi penderita hipertensi secara terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wawan, A dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.