HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK LANJUT USIA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN AKTIVITAS FISIK LANSIA DI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Surti Surti, Erlisa Candrawati, Warsono Warsono

Abstract

Jumlah lanjut usia di Kota Malang pada tahun 2014 sekitar 53.800 jiwa atau 8% dari jumlah penduduk. Untuk memenuhi kebutuhan lanjut usia diperlukan pengetahuan dan sikap yang dapat mempengaruhi perilaku lansia dalam kemandirian pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik lansia dengan pemenuhan kebutuhan aktivitas fisik lansia.Desain dalam penelitian ini adalah analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh lanjut usia yang berusia 60 tahun ke atas di RT 02 RW 02 Kelurahan Tlogomas Kota Malang yang berjumlah 40 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh lanjut usia yang berusia 60 tahun ke atas di RT 02 RW 02 Kelurahan Tlogomas Kota Malang yang berjumlah 40orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji Pearson product moment. Hasil penelitian membuktikan bahwa karakter lanjut usia sebagian besar 36 lansia (90,0%) dikategorikan Elderly (60-74 tahun) dan pemenuhan kebutuhan aktivitas fisik lansia sebagian besar 26 lansia (65,0%) dinyatakan terpenuhi. Hasil pearson product moment didapatkan nilai p value = 0,000< α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan. Artinya ada hubungan karakteristik lanjut usia dengan pemenuhan kebutuhan aktivitas fisik lansia. Diharapkan peran aktif dukungan dari keluarga kepada lansia dalam melaksanakan budaya hidup sehatseperti memantau pola makan dan kebersihan lansia.

Keywords

Karakteristik Lanjut Usia, Pemenuhan Aktivitas Fisik

Full Text:

PDF

References

Azizah. L. M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu.

Darmojo, H. Martono. 2010. Geriatrik (Ilmu Kesehatan Usia lanjut) edisi 3. Jakarta: PT. Balai Penerbit FKUI.

Maryam, S. 2009. Mengenal usia lanjut dan perawatannya. Jakarta: PT. Salemba Medika.

Nugroho, W. 2011.Keperawatan Gerontik dan Geriatrik. Jakarta: ECG.

Purnama, Akhmad. 2009. Kepuasan Hidup dan Dukungan Sosial. Yogyakarta: B2P3KS PRESS.

Triswandari, B.T. 2008. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Aktivitas Sehari-Hari Di Wilayah Kerja Puskesmas Mojolangu Malang. Universitas Brawijaya. Malang. http://www.repository.unbraw.ac.id. Diakses pada tanggal 5 September 2014.

Kemenkes RI. 2013. Pedoman Pengolahan Kegiatan Kesehatan dan Kesehatan Kelompok Usia Lanjut. Jakarta: EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.