HUBUNGAN ANTARA PAPARAN ABU VULKANIK LETUSAN GUNUNG DUKONO DENGAN KEJADIAN ISPA PADA WANITA (40-60 TAHUN) DI DESA POPILO KECAMATAN TOBELO HALMAHERA UTARA

Sutni Sari Hi. Umar, Ani Sutriningsih, Warsono Warsono

Abstract

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang tergolong rawan bencana alam seperti bencana gunung merapi. Letusan gunung merapi mengandung abu vulkanik yang berbahaya bagi kesehatan apabila terhirup seperti kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara paparan abu vulkanik letusan Gunung Dukono dengan kejadian ISPA pada wanita (40-60 tahun) di Desa Popilo Kecamatan Tobelo Halmahera Utara. Desain penelitian mengunakan desain korelatif dengan menggunakan pendekatan retrospektif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.048 orang dengan penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 63 Wanita (40-60 tahun). Teknik pengumpulan data yang digunakan dari data rekam medis di puskesmas Desa Popilo. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa data responden sebanyak 63 wanita (40-60 tahun) dengan presentase 100% terpapar abu vulkanik letusan Gunung Dukono dan berdasarkan data yang telah diambil dari data rekam medis puskesmas Popilo terdapat 63 wanita (usia 40-60 tahun) dengan presentase 100% terpapar abu vulkanik dan mengalami kejadian ISPA. Hasil uji spearman rank didapatkan p value= (0,002) <(0,050) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara paparan abu vulkanik letusan Gunung Dukono dengan kejadian ISPA pada wanita (40-60 tahun) di Desa Popilo Kecamatan Tobelo Halmahera Utara.

Keywords

ISPA, paparan abu vulkanik, wanita (40-60 tahun).

Full Text:

PDF

References

Affandi, B. 2010. Masalah Kesehatan Pada Menopause. Panduan Menopause. Edisi Kedua. Pokja Endokrinologi Reproduksi. POGI/PERMI. Jakarta: Balai Penerbit FK UI.

Alsagaff, H. 2012. Dasar-Dasar Ilmu Penyakit Paru. Cetakan Kesepuluh. Surabaya: Penerbit Airlangga.

Ardianto, Y. 2013. Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut. Jakarta: Artikel Penelitian.

Azwar, A. 2012. Pengantar Ilmu Kesehatan Lingkungan. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

BNPB. 2016. Badan Nasional Penangulangan Bencana. http://www.bnpb.go.id/berita/3042/gunung-dukono-masih-meletus-bandara-galela-ditutup. Diakses tanggal 03 Maret 2017.

Chrisanti. 2011. Hubungan Paparan Abu Vulkanik dari lahar dingin Gunung Merapi Dengan ISPA Pada Balita Kecamatan Salam, Magelang. Skripsi: Universitas Sebelas Maret Surakarta.https://uns.ac.id/id/. Diakses tanggal 03 Maret 2017.

Depkes RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Jakarta: Departemen Kesehatan RI. www.depkes.go.id/. Diakses tanggal 03 Maret 2017.

Indarti. 2010. Panduan Kesehatan Wanita. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya.

Rasmaliah. 2011. Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan Penanggulangannya. Sumatra: USU Digital Library

Rebecca. 2010. Menopause. Jakarta: Erlangga.

Supari. 2012. Seluk Beluk Menopause. Jogjakarta: Gerai Ilmu.

Said, M. 2011. Pengendalian ISPA Dalam Rangka Pencapaian MDG4. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Sarudji, D. 2013. Kesehatan Lingkungan. Cetakan I. Bandung: Alvabeta.

Suryani, A. 2014. Dampak Negatif Abu Vulkanik Terhadap Lingkungan dan Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjandra. 2014. Bahaya Abu Gunung Api Terhadap Kesehatan. Pedoman Untuk Umum.Yogyakarta: UGM Press.

WHO. 2014. Vegetables.http://www.who.int/en/Diakses tanggal. 03 Maret 2017

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.