PERBEDAAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN UMUM DAN KEPEMILIKAN KIS PADA LANSIA DI PUSKESMAS DAU MALANG

Dwi Riska Mei Lestari, Joko Wiyono, Neni Maemunah

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas sangat diperlukan bagi masyarakat untuk menciptakan pembangunan nasional.Pelayanan kesehatan yang prima dituntut harus profesional, cepat, bersih dan ramah tanpa memandang pasien umum maupun kepemilikan KIS. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan antara kualitas pelayanan kesehatan umum dan kepemilikan KIS pada lansia di Puskesmas Dau Malang. Desain penelitian mengunakan komparatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 86 lansia, sampel penelitian ditentukan dengan teknik quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 46 lansia. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang digunakan yaitu uji mann whitney dengan menggunakan SPSS 18. Hasil penelitian membuktikan lebih dari separuh 16 (69,6%) pasien umum mendapatkan kualitas pelayanan baik dan lebih dari separuh 14 (60,9%) pasien kepemilikan KIS mendapatkan kualitas pelayanan baik. Hasil uji mann whitney didapatkan p-value = (0,003) < (0,050) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara kualitas pelayanan kesehatan umum dan kepemilikan KIS pada lansia di Puskesmas Dau Malang. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan untuk tenaga kesehatan memberikan pelayanan kepada pasien umum maupun kepemilikan KIS dan harus sabar dalam menghadapi tuntutan pasien, sehingga menimbulkan keinginan pasien untuk berobat kembali dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti tentang perbedaan antara pasien umum dan pasien KIS yang mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis.

Keywords

Lansia, pasien umum, pasien kepemilikan KIS, pelayanan kualitas kesehatan

Full Text:

PDF

References

Azizah. L. M. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Azwar, A. 2013. Manjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

BPS Malang. 2017. https://malangkota.bps.go.id/Diakses tanggal 01 Mei 2017 jam 11.00.

Efendi, F. 2012. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hotbonar. 2015. Membangun Kesejahteraan Indonesia melalui Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Jakarta: BPJS.

Insurance Association. 2017. https://www.jstor.org/stable/250008. Diakses tanggal 01 April 2017 jam 12.11.

JKN-KIS Indonesia. 2017. http://jknkis-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/arsip/ Diakses tanggal 01 April 2017 jam 11.05.

Kurniadi, A. 2013. Manajemen Keperawatan Dan Prospektifnya. Teori, Konsep dan Aplikasi. Jakarta: FKUI.

Lukman. 2015.Perbedaan Antara Kepuasan Pasien Umum Dan KIS Atas Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Bareng Malang. Skripsi: Universitas Brawijaya Malang.

Pohan, Imbalo S. 2013. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Pratomo. 2016. Perbedaan Pelayanan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Umum Dan KIS di Kelurahan Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. Jurnal: Universitas Mulawarman Samarinda. (Vol. 1, ISSN 2477-2631)

Robbins P. & Coulter, M. 2012. Manajemen: Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Supriyanto, 2012. Faktor-Faktor Kepuasan Kerja. http://thesis.Binus.ac.id/doc/ Diakses tanggal 03 April 2017 jam 12.54

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.