PENGARUH PEMBERIAN SEDUHAN DAUN ALPUKAT TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA TULUNGREJO KECAMATAN NGANTANG

Sri Kartika Ayu, Ani Sutriningsih, Warsono Warsono

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit yang dikategorikan sebagai pembunuh diam-diam karena penderita tidak mengalamigejalakesakitan. Prevalensi hipertensi di Duniatahun 2011sekitar 972 juta orang. Cara penatalaksanaan tekanan darah tinggi seperti farmakologi dan non farmakologi, salah satu penatalaksanaan non farmakologi yang mudah dilakukan yaitu dengan pemberian seduhan daun alpukat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian seduhan daun alpukat terhadap tekanan darah pada penderita hipertensidi Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang. Desain penelitian mengunakan quasi experimental design dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 18penderita hipertensi dengan penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Metode analisa data yang di gunakan yaitu ujipaired t-test dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan tekanan darah sebelum pemberian seduhan daun alpukat keseluruhan 18 responden (100,0%) mengalami stage 1 hipertensi dan tekanan darah sesudah pemberian seduhan daun alpukat sebagian besar 17 responden (94,4%) mengalami penurunan tekanan darah menjadi normal. Hasil uji independen t test didapatkan p-value = (0,000) < (0,050) sehingga ada pengaruh pemberian seduhan daun alpukat (persea gratissima gaerth) terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Ngantang. Berdasarkan hasil penelitian maka dalam proses penyembuhan penyakit hipertensi dengan melakukan hidup sehat dengan mengurangi konsumsi garam, melakukan olahraga, tidak merokok dan meminum seduhan daun alpukat sampai tekanan darah normal.

Keywords

Daun Alpukat, Hipertensi, Tekanan Darah

Full Text:

PDF

References

Depkes RI. 2012. Direktorat Gizi Masyarakat Bina Kesehatan Masyarakat. Pedoman Praktis Terapi Gizi Medis. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Fadem, S. 2009. Why does salt cause high blood pressure?. [serial online].http://www.aakp.org/aakp-library/why-does-salt-cause-high-blood pressure- diakses pada tanggal 20 April 2011.

Gunawan L. 2008. Tekanan Darah Tinggi. Yogyakarta: Kanisius.

Lianti, R. 2014. Khasiat Dahsyatnya Alpukat. Jakarta : Healthy Books.

Monica, A. 2010. Efek Seduhan Daun Alpukat (Persea Americana Mill) Terhadap Tekanan Darah Normal Wanita Dewasa.

Rachdian. 2011. Aneka tanaman obat dan manfaatnya. http://databaseartikel.com/kesehatan/2011520-4-aneka tanaman-obat-dan-manfaatnya.html diakses pada tangga l 5 April 2012.

Ramadi, A. 2012. Perbedaan pengaruh pemberian seduhan daun alpukat(persea gratissima gaerth ) terhadap tekanan darah pada Pasien hipertensilaki – laki yang perokok dengan bukan perokok. Di akses 07 Desember 2013.

Sustrani. 2008. Hipertensi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tersono, L. 2008. Tanaman Obat Dan Jus Untuk Mengatasi Penyakit Jantung, Hipertensi, Kolesterol, Dan Stroke. Jakarta : Agromedia pustaka.

Vilareal, H. 2008. Hypertension. A Wiley Medical Publication. New York. [serial online] http://MedicineNet.com diakses pada tanggal 21 April 2017.

Vita. 2014. Hipertensi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Wahdah, N. 2011. Menaklukan hipertensi dan Diabetes. Yogyakarta : Multi Press.

Yuniarti, T. 2008. Ensiklopedia Tanaman obat Tradisional. Yogyakarta : Pressindo.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.