HUBUNGAN POLA MAKAN DENGAN PRODUKSI ASI PADA IBU MENYUSUI DI POSYANDU MAWAR KELURAHAN TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

Sanima Sanima, Ngesti W. Utami, Lasri Lasri

Abstract

Bagi seorang ibu menyusui merupakan kewajiban yang harus dijalankan, karena kelancaran produksi ASI sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nitrisi dan gizi bayi, salah satu cara meningkatkan produksi ASI yaitu dengan melakukan pola makan yang baik seperti makan teratur, tercukupi dan bergizi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola makan terhadap produksi ASI pada ibu menyusui di Posyandu Mawar Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Desain penelitian mengunakan desain analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 ibu menyusui dengan penentuan sampel penelitian menggunakan total sampling yang berarti seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu korelasi spearmen rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan pola makan ibu menyusui lebih dari separuh (66,7%) masuk kategori baik dan produksi ASI ibu menyusui lebih dari separuh (60,0%) masuk kategori sangat baik. Hasil korelasi spearmen rank didapatkan p-value= (0,002) < (0,050) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pola makan dengan produksi ASI pada ibu menyusui di Posyandu Mawar Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian maka cara ibu untuk meningkatkan produksi ASI yaitu dengan memperhatikan pola makan seperti makan tepat waktu dan mengkonsumsi makanan secukupnya berupa sayuran, daging, kacang-kacangan, buah-buahan, susu dan air putih.

Keywords

Ibu menyusui, pola makan, produksi ASI.

Full Text:

PDF

References

Amiruddin. 2007. Promosi Susu Formula Menghambat Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi 6 –11 Bulan Di Kelurahan Pa’Baeng –Baeng Makasar Tahun 2007. Skripsi. Universitas Hasanudin.

Bahiyatun. 2009. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Normal. Jakarta: EGC.

Budiarti. 2009. Efektivitas Pemberian Paket Sukses ASI terhadap Produksi ASI Ibu Menyusui di Wilayah Depok Jawa Bara. Jakarta: EGC.

Depkes RI. 2010. Penanganan Fasilator Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Kemenkes.

Depkes RI. 2013. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Kemenkes.

Djaeni, A. S. 2009. Ilmu Gizi untuk Mahasiswa dan Profesi. Jakarta: Dian Rakyat.

Jannah, N. 2012. Buku Ajar Asuhan Kebidanan: Kehamilan. Yogyakarta: Andi OF SET.

Permatasari, E. ‎2015. Hubungan Asupan Gizi Dengan Produksi Asi Pada Ibu Yang Menyusui Bayi Umur 0-6 Bulan Di Puskesmas Sewon I Bantul Yogyakarta. Skripsi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Prasetyono, D. 2012. ASI Eksklusif. Yogyakarta: DIVA Press.

Sulistyoningsih, H. 2011. Gizi untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiji. 2013. ASI dan Panduan Ibu Menyusui. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yuli, A. R. 2014. Payudara dan Laktasi. Jakarta: Salemba Medika

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.