HUBUNGAN PERAN GANDA DENGAN STRES PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN TUGAS BELAJAR DI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Nur Khairiyah, Farida Halis Dyah Kusuma, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran ganda dengan stres pada mahasiswa keperawatan tugas belajar di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 34 orang dengan penentuan sampel penelitian menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Instrumen penelitian peneliti menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara mengurus surat ijin di kampus dan di Bangkesbangpol, setelah surat-suratnya selesai peneliti langsung melakukan penyebaran kuesioner, setelah itu peneliti melakukan pengumpulan data dengan tabulasi dan dianalisis. Hasil penelitian membuktikan sebanyak 14 orang (63,6%) mempunyai peran ganda biasa, sebanyak 22 orang (64,7%) mengalami stres ringan dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,018 (<0,05) atau ada hubungan, dengan demikian mahasiswa cukup biasa menjalankan peran ganda nya sebagai mahasiswa, perawat maupun orang tua sehingga perlu adanya peningkatan agar dapat mengatasi kedua perannya itu dengan baik tanpa harus merugikan salah satu peran tersebut.

Keywords

Mahasiswa PSIK, peran ganda, stres.

Full Text:

PDF

References

Baron & Byrne. 2009. Konflik peran ganda, http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-01064 PS%20Bab2001. pdf, diakses pada Senin, 17 Februari 2014.

Djohan, T. 2006. Perbedaan tingkat stress antara mahasiswa yang bekerja dengan yang tidak bekerja. Jakarta: Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya.

Hennessy, 2005. Stres kerja. http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29648/4/Chapter%20II. pdf, diakses pada tanggal 10 Februari 2012.

Irawaty & Kusumaputri. 2008. Pengaruh manajemen diri terhadap intensitas konflik peran ganda (studi pada wanita yang bekerja di Lembaga Pendidikan). Phronesis Jurnal Ilmiah Psikologi Industri dan Organisasi, vol. 10, no. 1, hh. 14–33.

Mezei. 2008. Motivation and self regulated learning: a case study of apre- intermediate and an upperintermediate adult student.

Rachamah, D, 2015, ‘Regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang memiliki peran banyak’, Jurnal Psikologi, Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin WoPaLP,vol. 2, hh. 79-104.

Putri, R. 2013. Analisis pengaruh stres kerja dan konflik pekerjaan keluarga (work family conflict) terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening’, Universitas Diponegoro, Semarang.

Puwanto. 2009. Keefektifan belajar mandiri mahasiswa program studi pendidika anak usia dini Universitas Terbuka UPBJJ Yogyakarta’, Universitas Terbuka, Yogyakarta.

Sari, D. 2009. ‘Tingkat kecemasan mahasiwa tentang pembuatan karya tulis ilmiah’, Politeknik Kesehatan Malang.

Setyawati, P. 2010. ‘Fenomena konflik pekerjan-keluarga kaitannya dengan performansi kerja (sebuah studi fenomenologi)’. tesis, Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada, Yogya

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.