PERBEDAAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN BERDASARKAN JENIS KELAMIN DI FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Nur Hafifah, Esti Widiani, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan stres akademik pada mahasiswa keperawatan berdasarkan jenis kelamin di Universitas Tribhuwana Tunggadewi.Desain penelitian yang digunakan adalah komparatif. Jumlah populasi sebanyak ± 525 mahasiswa dan sampel diambil secara acak stratifikasi (stratified random sampling) sebanyak 308 mahasiswa dengan laki-laki 131 dan perempuan 177 mahasiswa. Instrument yang digunakan adalah kuisioner student-life stress inventory (SSI) dengan skala Likert, dan menggunakan analisa data uji T-test independent. Teknik pengumpulan data dimulai dengan mengurus surat izin di Bakesbangpol, setelah selesai perizinan peneliti kemudian menyebarkan kuisioner kepada semua responden. Kuisioner yang sudah terkumpul kemudian ditabulasi dan di analisis data.Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden mengalami stres akademik sedang yaitu sebesar 41,9% atau 129 responden dengan jumlah 60 responden laki-laki dan 69 responden perempuan. Uji T-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,093 pada responden laki-laki dan 0,092 pada responden perempuan. H0 diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan stres akademik antara mahasiswa keperawatan laki-laki dan perempuan yang ada di Fikes Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.Hasil ini disebabkan karena kesamaan stressor ataupun tekanan akademik yang diberikan dan yang diterima diterima antara mahasiswa keperawatan perempuan dan laki-laki selama kuliah.

Keywords


Jenis kelamin, mahasiswa keperawatan, stres akademik.

Full Text:

PDF

References


Agolla & Ongori 2009,‘An assessment of academic stress among undergraduate students’,Edu. Res. Rev.4 (2): 063-070.

Arora, A. 2008. 5 Langkah mencegah dan mengatasi stress. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Asiyah. 2010. Belajar psikologi faal. Surabaya: IAIN Press.

Bakrie. 2010. Ciri-ciri penting remaja Akhir. http://www.tnol.co.id/id/spiritual-psychology. Diakses pada tanggal 24 Desember 2011.

Baron & Bryne. 2005. Psikologi social. Jakarta: Erlangga.

Daud, M & Khumas, A. 2012. Stres akademik dan manajemen waktu. skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.

Dhull, I & Kumari, S. 2015. Academic stress among adolescent in relation to gender. International Journal of Aplied Research, vol. 1, no. 11, hh.394-396.

Faqih, M. 2006. Berdebat seputar kelamin. http://www.unsoed.ac.id//Cmsfak/userfiles/file/PsKp/Inklokal/seksualitas%2520new. Diakses pada tanggal 11 April 2012.

Gadzella & Masten. 2005. An analysis of the categories in the student-life stress inventory. American Journal of Psychological Research, vol. 1, no. 1, hh.1-10.

Goff, A. 2011. Stresor, academic performance, and learned resourcefulness in baccalaureate nursing students. International Journal of nursing education scholarship, vol. 8, hh. 923-1548.

Govaerst & Gregoire. 2006. Stressfull academic situations: study on appraisal variables in adolescence’, British Journal of Clinical Psycology, vol. 54, hh.261-271.

Kadapatti & Vijayalaxmi. 2012. Stressors of academic stress’ a study on pres-university students. Indian J. Sci. Res, vol. 3, no. 1, hh.171-175.

Kai & Wen. 2009. A study of stres sources among college student in Taiwan. Journal of Academic and Business Ethnics.

Maryama. 2015. Pengaruhcharacter strengths dan gender terhadap stres akademik mahasiswa uin jakarta yang kuliah sambil bekerja’,skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi UIN.

Nasution, I. 2007. Stres pada remaja’, skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Kedokteran USU MEDAN.

Norkasioni & Tamher. 2009. Kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Psychology Foundation of Australia. 2010. Depression anxiety stress scale. http://www2.psy.unsw.edu.au/groups/dass. Diakses pada tanggal 10 Desember 2011.

Purwati, S. 2012. Tingkat stres akademik pada mahaiswa regular angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. skripsi tidak diterbitkan. FIK UI DEPOK.

Smeltzer & Bare. 2008. Brunner & Sudarth’s textbook Of medical-surgical nursing. vol. 1, eds. 11th,Lippicontt. Philladelpia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.