HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEMANDIRIAN LANSIA DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN SEHARI-HARI DI POSYANDU LANSIA PERMADI KELURAHAN TLOGOMAS KOTA MALANG

Felpina Jati Danguwole, Joko Wiyono, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Dukungan keluarga bagi lansia sangat diperlukan selama lansia mampu memahami makna dukungan keluarga tersebut sebagai penyokong atau penopang kehidupannya. Dukungan keluarga sangat berpengaruh pada kemandirian lansia dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian lansia dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari di posyandu lansia permadi Kelurahan Tlogomas Malang. Desain penelitian menggunakan desain non eksperimen dengan jenis correlation dengan metode pendekatan Cross Sectional. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Malang sebanyak 40 orang. Pengambilan sampel dengan Total Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik dengan derajat kemaknaan. Hasil uji statistik penelitian sebagian besar dukungan keluarga responden mendapatkan dukungan keluarga yang tinggi dan mandiri yaitu 27 orang (67,5%), sebagian kecil lansia yang mendapat dukungan sedang dan kemandirian ringan yaitu hanya 3 orang (7,5%) yang dibuktikan dengan nilai p-value 0,000 < 0,05. Artinya ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kemandirian lansia dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari di Posyandu Lansia Permadi Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang yang bersifat positif.

Keywords

Dukungan keluarga, Kemandirian lansia

Full Text:

PDF

References

Akhmadi. 2008. Menjaga Kesehatan Lanjut Usia Agar Tetap Prima. Yogyakarta: FK UGM. http://akhmadi.multiply.com/journal/item/10. diakses pada tanggal 26 Maret 2015.

Brunner & Suddarth. 2001. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah (Edisi 8). Jakarta: : Penerbit Buku Kedokteran.

Brunner & Suddarth. 2002. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. EGC : Jakarta.

Darmojo RB, Mariono, HH. 2004. Geriatri (Ilmu Kesehatan Usia Lanjut). Edisi ke-3. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Depkes RI. 1998. Pedoman Pembinaan Kesehatan Lanjut Usia Bagi Petugas Kesehatan. Jakarta: Depkes.

Friedman, M. M. 1998. Keperawatan Keluarga Teori dan praktik.edisi 3. Jakarta: EGC.

Hendra Wardhana. 2014. Mereka Lansia, Mereka Berdaya, Kompas mania. (http://lifestyle.kompas mania.com/catatan/2014/05/29/mereka-lansia-mereka-berdaya-655403.html) diakses pada tanggal 26 Maret 2015.

Kelen,A.,Farida Hallis, Ronasari Mahaji Putri. 2016. Tugas Keluarga Dalam Pemeliharaan Kesehatan Dengan Mekanisme Koping Lansia. J.Care Vol 4,No 1.

Narayani,I.P. 2009. Hubungan tingkat pengetahuan keluarga terhadap sikap keluarga dalam pemberian perawatan activities daily living(ADL) pada lansia di rumah. Tanjungrejo Margoyoso Pati : Berita Ilmu Keperawatan.

Nugroho. 2007. Keperawatan gerontik dan geriatrik. Jakarta: EGC.

Nugroho. 2010. Komunikasi dalam keperawatan gerontik. Jakarata: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: P.T Rineka Cipta, EGC.

Setiabudhi, Hardywinoto. 2005. Panduan Gerontology: Tinjauan dari Berbagai Aspek, Cetakan Kedua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto, Andi. 2005. Penilaian Keseimbangan Dengan Aktivitas Kehidupan Sehari-Hari Pada Lansia Dip Anti Werdha Pelkris Elim Semarang Dengan Menggunakan Berg Balance Scale Dan Indeks Barthel. Semarang : UNDIP.

.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.