MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA YANG SUDAH BERKELUARGA DENGAN INDEKS PRESTASI (IP) DI FAKULTAS KESEHATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Dysta Aryati, Swito Prastiwi, Yanti Rosdiana

Abstract

Fenomena menikah pada saat kuliah memang sering terjadi di kalangan mahasiswa, baik pada saat awal maupun akhir kuliah. Motivasi belajar dan kedisiplinan belajar mahasiswi yang menikah secara bersama-sama berpengaruh terhadap Indeks Prestasi (IP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar mahasiswa yang sudah berkeluarga dengan indeks prestasi (IP) di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Desain penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu sebanyak 39 orang. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner dan daftar nilai mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik pearson product moment dengan derajat tingkat kesalahan (0,05). Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar mahasiswa memiliki motivasi tinggi sebanyak 39 orang (100%). Sebagian besar responden yang mengalami Indeks Prestasi naik sebanyak 22 orang (56%). Hasil analisis didapatkan nilai ∝= 0,008 <0,05, artinya terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar mahasiswa yang sudah berkeluarga dengan indeks prestasi (IP) di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Saran yang dapat direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya diharapkan melakukan pengkajian lebih mendalam untuk mengangkat aspek-aspek motivasi dengan menggunakan metode wawancara.

Keywords

Indeks Prestasi, motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References

Asrori, Mohammad. 2008. PenelitianTindakanKelas. Bandung: CV Wacana Prima.

B. Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Diminarni, P. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar dan Berpikir Kritis Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif : Jawa Timur: Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

Hasanah, Nurul W. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Berstatus Menikah Jurusan Tarbiyah di STAIN Salatiga Angkatan 2009 dan 2010. Salatiga: Jurusan Tarbiyah Salatiga.

Kuswaningrum, Okta. 2014. Hubungan Motivasi Belajar Mahasiswa Dengan Hasil Belajar Semester V Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri. Wonogiri: Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri .

Purba, E.S. 2012. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Edisi: 4. Alihbahasa: Yasmin Asih, dkk: Jakarta: EGC.

Rohman, H .N. 2010. Implikasi Pernikahan Pada Masa Studi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan Tahun 2006-2007). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Yogyakarta : Ar- Ruzz Media.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.