HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN PERUBAHAN SIKLUS MENSTRUASI PADA SISWI DI SMA NEGERI 1 TEBAS SAMBAS KALIMANTAN BARAT

Fitri Hayati, Ngesti W. Utami, Susmini Susmini

Abstract

Adanya fenomena pada perempuan usia 18-55 tahun mengalami gangguan menstruasi dan pelajar lebih sering menunjukkan variasi menstruasi yang bermasalah, seperti menstruasi tidak teratur. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat stress dengan perubahan siklus menstruasi. Penelitian ini termasuk analitik korelasional. Populasi adalah pelajar putri kelas 3 yang rentang usianya 15-18 tahun dengan jumlah 127 orang. Sampel sebanyak 96 responden diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan SPSS versi 16 for windows dengan uji korelasi Spearman Rank. Hasil diketahui sebagian besar (74%) responden mengalami stress normal sebanyak 71 orang dan hampir seluruhnya (91%) responden mengalami menstruasi normal sebanyak 87 orang. Hasil uji statistic disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan tingkat stress dengan perubahan siklus menstruasi. Saran untuk penelitian selanjutnya diharapkan melakukan pengkajian lebih mendalam lagi terutama masalah yang berkaitan dengan tingkat stress kaitannya dengan perubahan siklus menstruasi dengan metode kuesionernya lebih terarah lagi terutama kuesioner perubahan siklus menstruasi.

Keywords

Perubahan siklus menstruasi, tingkat stress.

Full Text:

PDF

References

Kusnaka, Adimihardja. 2005. Peraji, Tinjauan Antropologi Kesehatan Reproduksi (dalam Bunga Rampai Obstetri dan Ginekologi Sosial). Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Kusmiran. 2011. Menarche. Yogyakarta: Muha Medika.

Laila, N. Najmi. 2011. Buku Pintar Menstruasi. Yogyakarta: Buku Biru

Perry. 2005. Fundemental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik Volume 1 Edisi 4. Jakarta: EGC.

Potter. 2005. Fundemental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktik Volume 1 Edisi 4. Jakarta: EGC.

Saryano. 2009. Sindrom Premenstruasi. Jakarta: Nuha Medika.

Sherwood, L. 2001. Fisiologi Manusia Dari Sel Ke Sistem. Edisi 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Wiknjsastro. 2007. Ilmu Kandungan dan Kebidanan. Jakarta: Yayasan Pustaka Sarwono Prawiroharjo.

World Health Organization. 2007. Education and treatment in Adolescent Sexuality: The Training of health Professional. Geneva: WHO.

Wulansari Dewi. 2014. Panduan Mengatasi Stress Bagi Remaja. Jakarta: Gemilang.

Nita. 2008. Pentingnya Mengelola Siklus Reproduksi. http://www.medicastore.com. Diakses pada tanggal 30 April 2015.

Sriati Aat. 2008. Tinjauan Tentang Stress. http://www.akademik.unsri.ac.id /.../TINJAUAN%20TENTANG%20STRES.pdf. Diakses pada tanggal 20 April 2015.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.