PENGARUH TERAPI BEKAM TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI POLIKLINIK TRIO HUSADA MALANG

Susi Susanah, Ani Sutriningsih, Warsono Warsono

Abstract

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang banyak dijumpai di Indonesia danmerupakan penyebab kematian ketiga untuk semua umur (7,4%). Hipertensi didefinisikan sebagai tekanandarah yang melebihi dari 140/90 mmHg. Penatalaksanaan hipertensi dapat dilakukan dengan pendekatansecara farmakologi, non farmakologi, tersier dan komplementer. Salah satu terapi komplementer yang digunakan yaitu bekam. Bekam merupakan metode pembersihan dengan mengeluarkan darah dan angin dari dalam tubuh melalui permukaan kulit dengan cara menyedot. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh terapi bekam terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Desain penelitian ini adalah quasi experimental dengan one group pretest-posttest design. Jumlah sampel sebanyak 23 responden sesuai kriteria inklusi yaitu tahap 2 hipertensi dengan melakukan 1 kali intervensi sebelum dan sesudah terapi bekam. Hasil uji statistik ditemukan adanya perubahan pada tekanan darah yaitu terjadi penurunan dengan selisih nilai mean pada sistole (11,74) dan diastole (7,39). Uji statistik yang digunakan yaitu uji wilcoxon pada sistole dan diastole menunjukan nilai (p = 0,000) yang berarti nilai p < 0,50 sehingga H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh terapi bekam terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Poliklinik Trio Husada Malang. Saran peneliti untuk peneliti selanjutnya adalah meneliti faktor pola makan yang dapat mempengaruhi tekanan darah, menggunakan true experiment dan efek terapi bekam jangka panjang.

Keywords

Hipertensi adalah salah satu penyakit yang banyak dijumpai di Indonesia danmerupakan penyebab kematian ketiga untuk semua umur (7,4%). Hipertensi didefinisikan sebagai tekanandarah yang melebihi dari 140/90 mmHg. Penatalaksanaan hipertensi dapat dilakukan

Full Text:

PDF

References

Depkes, RI. 2008 Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, RI.

Depkes, RI. 2012. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, RI.

Fatahillah, Ahmad. 2006.Keampuhan Bekam, Pencegahan Dan Penyembuhan Penyakit Warisan Rasullah. Jakarta: Qultum Media.

Haryana, A. 2006. 812 Resep Untuk Mengobati 236 Penyakit. Jakarta: Penebar Swadaya.

Junaidi, I. 2010. Hipertensi. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Kasmui. 2010. Bekam Pengobatan Menurut Sunah Nabi. ISYFI : Semarang.

Kozier, Barbara, Erb, Glenora, Berman, Audrey, Synder, Shirlee, J. 2009. Buku ajar fundamental keperawatan: konsep, proses dan praktek. Edisi 7. Jakarta:EGC.

Krousel-wood,M. A., Muntner,P., Joyce, C. J., islam,T., stanley, E., holt, E., W., MORISKY, D. E., He, J., & webber, L. S. 2010. Adverse effects of complementary and alternative medicine use on antihypertensive medication adherence: findings from CoSMO. J Am Geriart Soc. January; 58 (1): 54-61. Doi:101111/j.1532-5415.2009.02639.x.

Labarthe, DR.2012. From Cardiovascular Disease to Cardiovascular Health: a Quiet Revolution? Circ Cardiovasc Qual Outcome 5: e86-92.

Lukitasari., M., Rohman, S., & Hendrawan, D. 2011. Achievement of blood Pressure Target with Angiotensin Blockade Based Therapy in out Patient Clinic.

Miller, C. 2010. Factors Affecting Blood Pressure and Heart Rate. Available from http://www.livestrong.com/arcitle/196479-factors-afecting-blood-presurre-heart-rate/. Diakses pada tanggal 9 Januari 2017.

Nugroho, S. H. P 2014. Pengaruh Jus Pepaya Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Primer Di Desa Sukoanyar Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan Program Studi S1 Keperawatan STIKES Muhammadiyah Lamongan (Skripsi).n

Ridho, Ahmad Ali. 2012. Bekam Sinergi : Rahasia Sinergi Pengobatan Nabi, Medis, Modern dan Traditional Chinese Medicine. Aqwamedika: Solo.

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). 2013. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, RI.

RSSA. 2010&2011. Profil Rumah Sakit Saiful Anwar:Prevalensi Penyakit Hipertensi di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Stephen, J., &Maxine, A. 2010. Medical Diagnosis And Treatment. Amerika Serikat: The McGraw-Hill Companies.

Umar, Wadda. A. Sembuh Dengan Satu Titik. Al-Qowam Publishing : Solo. 2008.

Varghese,C. T. 2004. Is Patient's Preference For Medical Care Changing? MJAFI, vol, 61, No. 2.

Yasin, S. A. 2005. Bekam. Sunnah Nabi & Mukjizat Medis. Solo: Al-Qowam.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.