PENGARUH PENYULUHAN TENTANG PERAWATAN TALI PUSAT TERHADAP KEMAMPUAN IBU POST PARTUM DALAM PERAWATAN TALI PUSAT BARI BARU LAHIR (BBL) DI PRAKTEK BIDAN SWASTA TUNGGUL WULUNG

Sisilia Yusfita, Ngesti W. Utami, Susmini Susmini

Abstract

Tetanus dan infeksi merupakan salah satu penyebab utama kematian pada bayi. Tetanus neonatorum dan infeksi tali pusat telah menjadi penyebab kesakitan dan kematian secara terus menerus di berbagai Negara. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penyuluhan tentang perawatan tali pusat terhadap kemampuan ibu post partum dalam perawatan tali pusat BBL di Praktek Bidan Swasta Tunggul Wulung Malang. Desain penelitian, mengunakan desain pre-eksperimental dengan design one group pre test and post test design, yaitu rancangan eksperimen dengan cara sampel diamati sebelum dan setelah dilakukan treatment (perlakuan). Populasi dalam penelitian adalah Ibu post partum yang berada di Praktek Bidan Swasta Tunggul Wulung Malang sebanyak 20 orang dan sampel penelitian menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data adalah ceramah dan observasi. Metode analisa data yaitu uji Chi-Square dengan menggunakan bantuan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan ibu post partum dalam perawatan tali pusat BBL sebelum penyuluhan, sebagian besar 15 orang (75,0%) dikategorikan kurang baik, Kemampuan ibu post partum dalam perawatan BBL sesudah penyuluhan, sebagian besar 18 orang (90,0%) dikategorikan baik, uji Chi-Square didapatkan nilai signifikan = 0,005 < α (0,05) yang berarti data dinyatakan signifikan yang artinya terdapat pengaruh penyuluhan tentang perawatan tali pusat terhadap kemampuan ibu post partum dalam perawatan tali pusat BBL di Praktek Bidan Swasta Tunggul Wulung Malang. Perlu ditingkatkan frekuensi pemberian penyuluhan sehingga ibu post partum bisa memiliki kemampuan dalam perawatan tali pusat BBL.

Keywords

Bayi Baru Lahir (BBL), ibu post partum, penyuluhan perawatan tali pusat.

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depkes RI. 2009. Profil kesehatan Indonesia Menuju Indonesia sehat. Departemen Kesehatan RI: Jakarta.

Effendy, O Uchjana. 2009. Teori dan Praktik Penyuluhan Kesehatan. penyuluhan kesehatan. Bandung: PT. Resdakaya.

Hidayat, A. A. 2009. Metode Penelitian Kebidanan Dan Teknik Analisis Data. Edisi I. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. 2011. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Saipuddin. 2001. Pelayanan kesehatan ibu dan bayi. Jakarta: EGC.

Sodikin, 2009. Pedoman Pengolahan Kegiatan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.