HUBUNGAN LAMA MENDENGARKAN MUSIK KLASIK DENGAN PENURUNAN DISMINORE PADA REMAJA PUTRI IMMALA (IKATAN MAHASISWA MALAKA) DI TLOGOMAS MALANG

Glorianita A.R De Araujo, Tanto Hariyanto, Vita Maryah Ardiyani

Abstract

Nyeri haid muncul 1-2 hari menjelang haid dan mencapai puncaknya pada hari 1-3 haid, nyeri ini disertai sakit kepala, mual, muntah dan nyeri perut hebat bahkan sampai pingsan. Dismenore atau menstruasi yang menimbulkan nyeri merupakan salah satu masalah ginekologi yang paling umum dialami wanita dari berbagai tingkat usia, umumnya terjadi pada remaja usia 15-25 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mendengarkan musik klasik dengan penurunan disminore pada remaja putri IMMALA (Ikatan Mahasiswa Malaka) di Tlogomas Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi adalah remaja putri di asrama keperawatan Unitri berjumlah 92 orang, dengan sampel sebanyak 30 diambil dengan menggunakan purposive sampling.Penelitian dilakukan pada bulan Juli–Agustus 2015.Instrumen menggunakan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan analisis korelasi. Hasil diketahui sebelum mendengar musik klasik setengah responden menyatakan nyeri haid sedang yaitu 15 orang (50%), setelah mendengar musik klasik lebih dari setengah responden menyatakan nyeri haid ringan yaitu 23 orang (76,7%). Uji statistik menunjukkan hubungan yang signifikan antara lama mendengarkan musik klasik dengan penurunan disminore pada remaja putri Immala (Ikatan Mahasiswa Malaka)

Keywords

Mendengarkan musik klasik, penurunan disminore, remaja putri.

Full Text:

PDF

References

Bobak. 2005. Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta.

Farida. 2010. Efek Mozart dan Terapi Musik Dalam Dunia Kesehatan. http://www.tempo.co.id/medika/arsip/012003/pus-2.html. Diakses pada tanggal 28 Juli 2011.

Hall & Guyton. 1997. Perbandingan Pengaruh Musik.

Kingston. 1995. Psikologi eksperimen, edisi 2. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang. 2006.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan . Jakarta : Salemba Medika.

Nurseha & Djafar. 2002. Terapi Musik, Cetakan Pertama, Jakarta: Milenia Populer.

Eka. 2011. Relaksasi dan Musik yang Disukai Terhadap Persepsi Nyeri. Jurnal Maranatha, 8 (2): 155-161.

Satiadarma.2001. Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Suzannec. 2001. Konsep dan penulisan riset keperawatan. Yogyakarta: Graha ilmu.

Winknjosastro. 2007. Efek Mozart: Memanfaatkan Kekuatan Musik Untuk Mempertajam Pikiran, Meningkatkan Kreativitas, dan Menyehatkan Tubuh Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.