HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PENGGUNA BPJS DI RSI G KABUPATEN MALANG

Pendrita Jennie Kristina, Tavip Dwi Wahyuni, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract


Kualitas merupakan suatu hal yang penting bagi penyedia layanan jasa, termasuk rumah sakit. Salah satu indikator untuk menilai kualitas rumah sakit yaitu dengan mengukur tingkat kepuasan pasien.Program BPJS Kesehatan merupakan salah satu upaya pemerataan derajat kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS di RSI G Kabupaten Malang. Desain penelitian adalah deskriptif korelasi dengan metode survei analitik cross sectional dengan sampel 55 responden, diambil dengan teknik consecutive Sampling. Analisa data menggunakan spearman rank. Hasil peneltian menunjukkan bahwa sebanyak 47 responden (85%) dalam kategori kualitas pelayanan kesehatan baik, dan sebanyak 45 responden (81%) dalam kategori puas. Hasil uji spearman rank didapatkan signifikansi output ρ = 0.03 ≤ α 0.05 dan koefisien korelasi sebesar 1.00 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan (bermakna) antara kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien di RSI G Kabupaten Malang. Disarankan bagi pihak rumah sakit untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada untuk mencapai kepuasan pasien yang lebih maksimal.

Keywords


Kepuasan pasien BPJS, kualitas pelayanan.

Full Text:

PDF

References


BPJS-Kes.2014. efektivitas tindakan, kesesuaian terhadap kebutuhan pasien, serta efisiensi biaya. tentang BPJS-Kes.

Barata, A.A. 2006. Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta; PT. Elex media komputido.

Kementrian Kesehatan RI. 2014. Buku saku FAQ, frequently asked questions BPJS Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Lupyoadi, L. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa,Tiori dan praktik. Jakarta: UI Press.

Notoatmodjo, S.2005. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Ningrum,M.A. 2014. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan BPJS Terhadap Kepuasan Pasien Di Poli Klinik THT Rumkital dr. Ramelan Surabaya STIKES Hang Tuah Surabaya. Dalam: Jurnal Kesehatan. Diakses pada tanggal 6 Juni 2015.

Siagian, S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuniarti. 2015. Hubungan Antara Kualitas pelayanan Rumah Sakit Dengan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Diruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota pontianak. Pdf dalam jurnal penelitian. diakses pada tanggal 10 Desember 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.