HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INTERNET DENGAN GANGGUAN POLA TIDUR PADA MAHASISWA PSIK UNITRI MALANG

Emi Diarti, Ani Sutriningsih, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat angka pertumbuhan pengguna internet di Indonesia pada tahun 2014 mencapai 83,7 juta orang. Pengguna internet yang paling mengemari jasa pelayanan ini adalah kaum pelajar (remaja), dimana mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam sampai lupa tidur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara penggunaan internet dengan gangguan pola tidur pada mahasiswa PSIK UNITRI Malang. Desain penelitian mengunakan desain korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 109 mahasiswa dan sampel 33 mahasiswa sampel penelitian menggunakan accidental sampling. Teknik penggumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data yang di gunakan yaitu kolerasi spearman rank. Kriteria inklusi yaitu mahasiswa semester 3 PSIK UNITRI Malang yang berusia kurang dari 18 tahun, bersedia menjadi responden dalam penelitian, penggunaan internet 3-10 jam perhari dan kriteria eksklusi yaitu mengkonsumsi obat-obatan (obat tidur), sebelum tidur mengkonsumsi nutrisi (kopi). Hasil penelitian membuktikan bahwa 28 responden (84,8%) mengalami kecanduan penggunaan internet sangat berat dan 19 responden (57,6%) mengalami gangguan pola tidur buruk. Hasil uji kolerasi spearman rank didapatkan p-value = 0,006 < 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan internet dengan gangguan pola tidur pada mahasiswa PSIK UNITRI Malang.

Keywords

Gangguan pola tidur, penggunaan internet.

Full Text:

PDF

References

Alimul, Adam. 2012. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Keperawatan Universitas.

Astutik. 2014. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Remaja Pengguna Facebook. Jurnal Keperawatan Universitas Indonesia.

Rahayuning. Dyah D.W. 2009. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan Internet Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tanjung Pura Pontianak. Vol. 1, No.3.

Firman. 2012. Dampak Negatif Penggunaan Internet.http://ekifirman./2012/02v- behaviorurldefaultvmlo.html. Diakses pada tanggal 21 April 2015.

Nigtyas. 2012. Hubungan Antara Self Control Dengan Internet Addiction Pada Mahasiswa. http://consultgerirn.org/uploads/File/trythis /try_this_6_1.pdf.Diakses 20 April 2015.

Pantoro. 2012. Dampak Negatif dan Dampak Positif Internet. http://krispantoro.wordpress.com/2012/03/09/dampak-negatif-dan-dampak-positif-internet/ (Diakses tanggal 9 april 2015).

Sapuat. 2012. Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Perubahan Tekanan Darah Pada Remaja Di SMK PGRI 3 Malang. Jurnal Keperawatan Care Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Indra A, Noor. 2012. Pemanfaatan Internet Sehat Sebgai Sumber Belajar pada Program Pendidikan Kesetaraan di Sanggar Kegiatan Belajar Kota Semarang. Balitbang SDM Kominfo. Diakses tanggal 22 april 2015.

Stanley. 2012. Faktor Penyebab Susah Tidur. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.