HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL PADA REMAJA DI SMP WAHID HASYIM, MALANG

Dedes Supriadi, Atti Yudiernawati, Yanti Rosdiana

Abstract

Individu yang memiliki kecerdasan emosional yang baik mudah berinteraksi dengan orang yang ada di sekilingnya dapat membuat seseorang menyusun pola pengaturan dirinya ketika berinteraksi dengan orang yang ada di dalam lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan perkembangan sosial pada remaja di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Kota Malang. Desain dalam penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah remaja SMP Wahid Hasyim Dinoyo Kota Malang berjumlah 104 orang. Sampel sebanyak 31 orang. Pengambilan sampel Simple Random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik Spearman rank (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian sebagian besar (77,4%) kecerdasan emosional responden masuk kategori cukup sebanyak 24 orang. Sebagian besar (71,%) perkembangan sosial responden masuk kategori baik sebanyak 22 orang. Hasil analisis didapatkan nilai p= 0,034< 0,05, artinya terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan perkembangan sosial pada remaja di SMP Wahid Hasyim Dinoyo Kota Malang. Hal ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh pada perkembangan sosial remaja.

Keywords

Kecerdasan Emosional, Perkembangan Sosial.

Full Text:

PDF

References

Ali dan Asrori, 2008 Psikoilogi Remaja (Perkembangan. Peserta Didik) Jakarta: Bumi Aksara.

Goleman, D. 2001. Intelligence Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gunarsa, S. D. 2003. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Cetakan ke-12. Jakarta: Gunung Mulia.

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth, B. 2000. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Jalil, A. 2012. Spiritual Entrepreneurship. Surabaya: Institut Agama Islam.

Santrock. 2003. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Yosep, I. 2005. Pentingnya ESQ (emosional & spiritual quotion) bagi Perawat dalam Manajemen Konflik. Makalah Cerdas, Kreatif, Berwawasan dan Mandiri Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran Bandung.

Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosda.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.