ANALISIS FAKTOR RESIKO TERJADINYA INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA BALITA DI LINGKUNGAN PABRIK KERAMIK WILAYAH PUSKESMAS DINOYO, KOTA MALANG

Ijana Ijana, Ni Luh Putu Eka, Lasri Lasri

Abstract


Prevalensi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di kota Malang tahun 2013 sebanyak 1.624 balita (42%). Wilayah Dinoyo khususnya sekitar pabrik keramik merupakan wilayah dengan tingkat polusi tinggi sehingga memungkinkan menjadi faktor resiko ISPA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui berbagai faktor resiko terjadinya ISPA pada balita di lingkungan pabrik keramik wilayah Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Desain penelitian yaitu penelitian deskriptif. Sampel sebanyak 20 orang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data berupa frekuensi seluruh faktor resiko dipersentase kemudian dianalisis nilai odds rationya. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor resiko terjadinya ISPA pada balita meliputi faktor lingkungan yang tidak sehat (83,3%), faktor resiko pemberian ASI non eksklusif 73,3%, faktor resiko status ekonomi 66,7%, faktor resiko pendidikan orang tua 65%, faktor resiko umur anak 26,7%, faktor resiko status gizi 3,3%, faktor resiko status imunisasi 3,3%. Faktor resiko yang paling dominan sebagai resiko ISPA pada balita di Puskesmas Dinoyo Kota Malang adalah faktor lingkungan yang tidak sehat dengan nilai OR sebesar 11,35. Hal ini berarti faktor lingkungan khususnya keadaan tempat tinggal yang tidak sehat lebih beresiko 11,35 kali lipat terhadap kejadian ISPA. Diharapkan orang tua balita selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal agar tetap bersih, memperbanyak tumbuhan hijau disekitar rumah, ventilasi rumah yang cukup dan memperoleh cukup cahaya matahari, menghindari merokok dekat balita, dan memperhatikan kebutuhan asupan ASI Eksklusif serta mengikuti imunisasi lengkap.

Keywords


Balita, faktor resiko ISPA, pabrik keramik Dinoyo, pencemaran lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Adtya. 2010. Limbah Industri Penyebab Resiko Terjadinya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pada Balita. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Depkes RI. 2010. Profil Kesehatan Indonesia Menuju Indonesia Sehat. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Depkes RI. 2013. Profil Kesehatan Indonesia Menuju Indonesia Sehat. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Kholisah. 2009. Infeksi Saluran Napas Akut pada Balita di Daerah Urban. Jurnal Universitas Indonesia.

Notoatmodjo. 2010. Gejala-gejala Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Probowo, 2012.Faktor Lingkungan Penyebab terjadinya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di sekitar Pabrik Kota Surabaya. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Ribka.2012. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Ispa Pada Balita Di Lembang Batu Sura.Jurnal Universitas Hasanuddin Makassar.

Utami, Sari. 2013. Studi Deskriptif Pemetaan Faktor Risiko ISPA Pada Balita Usia 0-5 Tahun Yang Tinggal Di Rumah Hunian Akibat Bencana Lahar Dingin Merapi Di Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Skripsi Tidak Diterbitkan.

Valentina. 2011. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pada Batita Di Kelurahan Glugur Darat I Kecamatan Medan Timur. Skripsi Tidak Diterbitkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.