HUBUNGAN ANTARA LAMA MELIHAT TAYANGAN TELEVISI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK BANI AHMAD TLOGO INDAH KECAMATAN LOWOKWARU MALANG

Naomi Sakti Daindo, Tanto Hariyanto, Ragil Catur Adi W.

Abstract

Penelitian pada film anak-anak yang dilakukan oleh Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) bekerja sama dengan Balitbang tahun 2003 menunjukkan bahwa adegan antisosial (52%) lebih banyak dari pada adegan prososial (48%). Hal ini dapat mempengaruhi perkembangan motorik halus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara lama melihat tayangan televisi dengan perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah di TK Bani Ahmad Tlogo Indah Kecamatan Lowokwaru Malang. Desain penelitian adalah penelitian observasional. Sampel sebanyak 20 orang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan uji sperman rank. Hasil penelitian membuktikan bahwa lama melihat tayangan televisi pada anak usia pra sekolah sebagian besar sangat lama melihat tayangan televisi dan perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah sebagian besar mengalami perkembangan motorik halus baik. Hasil uji sperman rank didapatkan nilai p-value = 0,045 < α (0,05) yang berarti ada hubungan antara lama melihat tayangan televisi dengan perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah di TK Bani Ahmad Tlogo Indah Kecamatan Lowokwaru Malang. Orang tua perlu mengawasi anak saat melihat tayangan televisi sehingga tidak terjadi dampak negatif dari melihat tayangan televisi yang berlebihan bagi anak.

Keywords

Lama melihat tayangan televisi, perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah.

Full Text:

PDF

References

Ahmad, Raihan. 2013. Pengaruh Melihat Tayangan Televisi Terhadap Tumbuh Kembang Anak. Skripsi: Universitas Indonesia (Skripsi Tidak Diterbitkan).

Ardianto, Elvinaro. 2010. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunarto. 2004. Pengaruh Nonton Televisi Terhadap Perkembangan Anak. Skripsi: Universitas Sumatra Utara (Skripsi Tidak Diterbitkan).

Hirmaningsih. 2010. Pendidikan AnakUsiaDini.http://www.bintangbangsaku.com/artikel/2010/02/motorik-halus.html. Diakses pada tanggal 11 April 2015.

Hurlock, Elizabeth, B. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT. Erlangga.

Ningsih, Yuniarni. 2010. Metode Pengembangan Anak Usia Dini. Skripsi: Universitas Tanjungpura Pontianak (Skripsi Tidak Diterbitkan).

Riyadi, Satya. 2009. Manfaat Bermain Bagi Anak-Anak. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Sunarti. 2005. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Wahyudi. 2009. Akuntabilitas Birokrasi Publik Sketsa Pada Masa Transisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yuniarni, Desni. 2010. Hubungan Bermain Puzzel Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Pra Sekolah. Skripsi.Universitas Brawijaya Malang (Skripsi Tidak Diterbitkan).

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.