HUBUNGAN KONSUMSI ALKOHOL DENGAN NYERI LAMBUNG PADA MAHASISWA LAKI-LAKI PROGRAM STUDI TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Rosalia Eurica Natun, Erlisa Candrawati, Warsono Warsono

Abstract

Angka penyalahgunaan alkohol di Indonesia cukup banyak. Berdasarkan data WHO tercatat 91 juta orang yang mengkonsumsi alkohol pada tahun 2012. Jumlah tersebut 46% penggunaan alkohol adalah remaja, dampak buruk minuman keras terhadap kesehatan antara lain mempengaruhi lambung, hati, ginjal dan otak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsumsi alkohol dengan nyeri lambung pada mahasiswa laki-laki program studi Teknik Sipil Universitas Tribhuwana Malang. Desain penelitian menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa laki-laki Program Studi Teknik Sipil Universitas Tribhuwana Malang sebanyak 226 orang dan jumlah sampel sebanyak 35 responden dengan menggunakan teknik Stratifiquet Sampling Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan analisis menggunakan uji Spearman Rank. Hasil penelitian membuktikan bahwa konsumsi alkohol sebagian besar 25 (71,40%) mahasiswa laki-laki Program Studi Teknik Sipil Universitas Tribhuwana Malang dikategorikan peminum menengah dan sebagian besar 28 (80%) mengalami nyeri lambung, sedangkan hasil Spearman Rank didapatkan nilai p-value = 0,001 < α (0,05) berarti ada hubungan signifikan antara konsumsi alkohol dengan nyeri lambung pada mahasiswa laki-laki Program Studi Teknik Sipil Universitas Tribhuwana Malang.

Keywords

Alkohol, Mahasiswa Laki-Laki, Nyeri Lambung.

Full Text:

PDF

References

Andi, M. 2012. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Bare, Djojodiningrat. 2009. Buku AjarI lmu Penyakit Dalam: Dispepsia Fungsional. Jakarta : PT Sinar Harapan

Priyanto. 2010. Keperawatan Medikal Bedah (Sistem Pencernaan) Yogyakarta: Penerbit Gosyen Publishing.

Sarwono, T. 2013. Remaja dan Alkohol. Jakarta: PT Bima.

Utina, Sitriah S. 2011. Alkohol Dan Pengaruhnya Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal: IAIN Sultan Amai Gorontalo.

Wiryati. 2010. Buku Ajar Penyakit Dalam. http://www.search-document.com. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2013.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.