HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TERBENTUKNYA PERILAKU KEKERASAN PADA MAHASISWA LAKI-LAKI DI UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

Sischa Widi Astuti

Abstract

Perilaku kekerasan adalah salah satu tindakan maladaptif yang sering kali terjadi pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan terbentuknya perilaku kekerasan pada mahasiswa laki-laki di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi. Jumlah populasi sebanyak 3.145 mahasiswa dan sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak 315 mahasiswa. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pola asuh orang tua dengan skala Likert untuk variabel pola asuh orang tua, dan kuesioner perilaku kekerasan modifikasi dari alat ukur agresivitas karya Buzz & Perry yang berjudul The Aggression Questionaire dengan skala Likert. Hasil penelitian didapatkan lebih dari setengah mahasiswa laki-laki di UNITRI melakukan perilaku kekerasan yaitu 215 responden (68,3%). Hasil uji Chi Square didapatkan p-value (0,000) < 0,05 artinya ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan terbentuknya perilaku kekerasan pada mahasiswa laki-laki di Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Disarankan kepada pihak UNITRI untuk memberikan pelatihan tentang pembentukan karakter sehingga perilaku dari para mahasiswa menjadi lebih baik.

Keywords

Mahasiswa laki-laki, Perilaku kekerasan, Pola asuh.

Full Text:

PDF

References

Coid dan Yang. 2010. Violence and Delayed Social Independence among Young Adult British Men. UK:Forensic Psychiatry Research Unit.

Kartono, K. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.

Kusumadewi. 2012. Memotong Budaya Kekerasan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muhith. 2015. Pendidikan Keperawatan Jiwa: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Noe.2013. Perilaku Kekerasan Mahasiswa dalam Menyampaikan Pendapat di Muka Umum melalui Demonstrasi.Pedagogik.

Pratiwi, M, & Juneman. 2012. Hubungan Antara Jenis Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecenderungan Menjadi Pelaku Dan/Atau Korban Pembulian Pada Siswa-Siswi SMA Di Jakarta Selatan. Jakarta Selatan: BINUS University.

Rahmad, B. 2012.Tinjauan Yuridis Kriminologis Terhadap Kekerasan Dalam Pacaran (Dating Violence) (Studi Terhadap Kalangan Mahasiswa Perempuan Di Wilayah Hukum Kota Malang). Thesis. Malang: University of Muhammadiyah Malang.

Setyanto, G. 2014. Pengaruh Self-Regulated Learning dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: UNY.

Suci.2008. Perbedaan Self-Regulation pada Mahasiswa yang Bekerja dan Mahasiswa yang Tidak Bekerja.Jurnal Ilmiah Psikologi.

WHO, 2016.Adolescents: Health Risks and Solutions. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs345/en/ Diakses pada tanggal 18 Desember 2016.

Wirawan, 2010.Konflik dan Manajemen Konflik: Teori, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Salemba Humanika.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.