HUBUNGAN POLA ASUH KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN SOSIALISASI PADA KLIEN SKIZOFRENIA DI YAYASAN AS-SYIFA REHABILITASI JIWA DI KABUPATEN JOMBANG

Agus Waloyo, Dyah Widodo, Wahidyanti Rahayu H.

Abstract

Data Riskesdas menyatakan bahwa peningkatan tertinggi ganguan jiwa di Indonesia pada tahun 2013 dengan jumlah penderita gangguan jiwa berat mencapai 2,5 juta orang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh keluarga dengan kemampuan sosialisasi pada klien skizofrenia di yayasan As-syifa panti rehabilitasi jiwa Kabupaten Jombang. Desain penelitian mengunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 klien skizofrenia dan sampel penelitian menggunakan total sampling yang berarti jumlah populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu kolerasi spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan pola asuh yang diterapkan sebanyak 19 (54,3%)keluarga menerapkan pola asuh otoriter dan kemampuan sosialisasi sebanyak 27 (77,1%) klien skizofrenia memiliki perkembangan sosial yang kurang, sedangkan hasil kolerasi spearman rank didapatkan p-value = 0,003 atau 0,003< 0,050 sehingga dapat disimpulkan bahwaada hubungan pola asuh keluarga dengan kemampuan sosialisasi pada klien skizofrenia di yayasan As-syifa panti rehabilitasi jiwa Kabupaten Jombang. Perlu menerapkan pola asuh yang sesuai dengan kondisi klien.Untuk meningkatkan kemampuan sosialisasipada klien skizofrenia.

Keywords

Kemampuan sosialisasi, klien skizofrenia, pola asuh keluarga.

Full Text:

PDF

References

Asminatalia. 2008. Hubungan Status Interaksi Sosial Dengan Tingkat Depresi Pada Lanjut Usia Di Panti Sosial Tresna Werdha Abiyoso Pakem Yogyakarta. Jurnal: Universitas Admajaya Yogyakarta.

Depkes RI. 2013.Profil kesehatan Indonesia2013 Menuju Indonesia sehat. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Fitriana. 2010. Gambaran Pola Asuh Keluarga Pada Pasien Skizofrenia Paranoid (Studi Retrospektif) Di RSJD Surakarta. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fatalina. 2012. Efektivitas Pemberian Terapi Kerja Terhadap Peningkatan Motivasi HidupPada Pasien Skizofrenia Di Rumah Sakit Grhasia Propinsi DIY. Jurnal: Muhamadiah Semarang.

Notoatmodjo. 2010. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sullinger. 2002. Buku Saku keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Sunarto, Hartono, A. 2006. Perkembangan Peserta Didik . Jakarta: Rineka Cipta.

Syamshudi.2004. Terapi Pisikologi pasien Skizofrenia. Jakarta: PT. Salemba Medika.

Yusuf, S. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.