HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI PANTI WERDHA PANGESTI LAWANG

Aldiron Rudolf Nenotek, Susi Milwati, Sulasmini Sulasmini

Abstract

Meningkatnya usia harapan hidup penduduk, menyebabkan jumlah penduduk lanjut usia terus meningkat dari tahun ke tahun. Orang yang berusia lanjut akan menjadi sangat rentan terhadap gangguan kesehatan termasuk depresi yang disebabkan oleh stress dalam menghadapi perubahan-perubahan kehidupan. Kesejahteraan lanjut usia tertuang dalam UU No 13/Tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan tingkat depresi pada lanjut usia di Panti Werdha Pangesti Lawang. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 25 orang lansia yang tinggal di panti werdha pangesti lawang dengan usia 60-90 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui dua buah alat ukur yaitu kuesioner dukungan sosial yang peneliti susun sendiri dan kuesioner tingkat depresi. Hasil perhitungan norma menunjukan sebagian besar subjek mendapatkan dukungan sosial baik sebanyak 19 orang (76%) dan sebagian besar subjek mengalami tidak depresi sebanyak 18 orang (72%). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara dukungan sosial dengan tingkat depresi pada lansia di panti Werdha Pangesti Lawang dengan nilai korelasi spearman rank 0,857 dan p= 0,000 < α (0,05), sedangkan arah hubungannya adalah positif yang maknanya semakin baik dukungan sosial maka tingkat depresi menurun (tidak ada). Panti perlu mempertahankan dan meningkatkan kerjasama dengan anggota keluarga sehingga terus mengunjungi lansia.

Keywords

Dukungan sosial, lansia, tingkat depresi.

Full Text:

PDF

References

Kuntjoro, Zainudin A. 2002. Dukungan Sosial Pada Lansia. http://www.e-psikologi.com/epsi/artikel detail.aspid=183. Diakses pada tanggal 17 Januari 2015.

Maryam, S dkk.2011.Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Nugroho, 2000. Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC.

Orford, J. 1992. Community Psychology: Theory and Practice. England: John Wiley & Sons.

Smet, Bart. 2006. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT Grasindo.

Statistik, Indonesia. 2010. http://www. datastatistik-indonesia.com. Di akses tanggal 26 Mei 2015.

Taylor, S.E. 2003. Healt Psychology. New York: McGraw-Hill Companies Inc.

Fatmah. 2010. Gizi Usia Lanjut. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pujiono. 2014. Efektivitas Pelaksanaan Program Posyandu Lanjut Usia(Studi Di Pekon Pardasuka, Kecamatanatan Pardasuka, Kabupatenupaten Tanggamus), Abstrack. Diakses dalam http://www.usu.go.id, Diakses pada tanggal 10 Oktober 2015.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.