HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT STRES PADA LANSIA PADA LANSIA DI POSYANDU BENDUNGAN DESA LANDUNGSARI KECAMATAN DAU MALANG

Popy Anggraini, Farida Halis Dyah Kusuma, Esti Widiani

Abstract

Individu harus pandai berinteraksi dalam menyesuaikan diri, tetapi tidak semua individu mampu mengatasi perubahan-perubahan yang dialami, terutama pada lansia, seperti ketegangan atau stres. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan tingkat stres pada lansia di Posyandu Bendungan Desa Landungsari Kecamatan Dau Malang. Pada penelitian ini menggunakan desain correlation dengan metode pendekatan cross sectional. Populasinya adalah semua lansia di Bendungan Desa Landungsari Kecamatan Dau Malang sebanyak 42 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 orang. Pengambilan sampel dengan purvosive sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik spearman’s rho dengan derajat kemaknaan α (0,05). Hasil penelitian menunjukan sebagian besar (63,2%) dukungan sosial kepada responden masuk kategori baik sebanyak 24 orang, sebagian besar (71,1%) tingkat stres pada responden masuk kategori ringan sebanyak 27 orang. Hasil spearman’s rho diketahui terdapat hubungan yang sangat kuat antara dukungan sosial dengan tingkat stres pada lansia di Posyandu Bendungan Desa Landungsari Kecamatan Dau Malang dengan nilai p-value : 0,00 < 0,05 dan nilai r = 0,836 yang berarti H0 ditolak. Saran yang dapat direkomendasikan adalah meningkatkan dukungan sosialnya kepada lansia, sehingga lansia tersebut merasakan kenyamanan dan jauh dari stres serta membimbing lansia menjadi lebih bahagia dengan makna dukungan sosial.

Keywords

Dukungan Sosial, Tingkat Stres.

Full Text:

PDF

References

Bart, Smet, 2004. Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Fausiah, F & Widury J, 2005. Psikologi abnormal klinis dewasa. Jakarta: UI Press.

Hartono, L, A, 2007. Stres & stroke. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Hurlock, Elizabeth B. 2008. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. (Alih Bahasa: Dra. Istiwidayanti & Drs Soedjarwo, M.Sc) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Isaacs, Ann. 2004. Panduan Belajar: Keperawatan Kesehatan Jiwa dan Psikiatrik ed.3. Jakarta : EGC.

Kodriati, H. Zainuddin Sri Drs, MPsi. 2004. Komitmen Organisasi. Jakarta : E-psikologi.

Kuntjoro. 2009. Keperawatan Gerontik. Edisi 2. Jakarta. EGC.

Merry, Dandian. 2008. Psikologi Kerja. Jakarta : PT Renika Cipta.

Nimran. 2004. Perawatan Usia Lanjut. Jakarta : EGC.

Nursalam. 2008. Keperawatan Gerontik dan Geriatri. (Edisi 3) Jakarta : EGC.

Potter & Perry, 2005 Bukuajar fundamental keperawatan: konsep, proses, praktik. (ed 4), (Asih, Yasmin; penerjemah). Jakarta: EGC.

Santrock, John W. 2003. Psychology (7th ed). Boston : McGraw-Hill.

Santrock, John W. 2007. Life-Span Development. New York: McGraw- Hill.

Santrock. J. W. 2009. Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sarafino. 2002, Health Psychology (2.Ed) New York : willey.

Sarafino. 2004. Health psychology : biopsychosocial interaction. Fifth Edition.

Sugiyono, 2008. Statistika untuk Penelitian. Bndung: Alfabeta.

Wulandari. 2000. Buku Ajar Keperawatan Gerontik, ed 2. Jakarta: EGC.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.