HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KONFLIK INTERPERSONAL SISWA SLTP YANG AKAN MENGHADAPI UJIAN SEMESTER GENAP

Sonny Sujatmiko Setyawan, Esti Widiani, Sirli Mardianna Trishinta

Abstract

Konflik interpersonal salah satunya dapat disebabkan karena kecemasan. Ujian semester genap menyebabkan kecemasan bagi siswa yang akan berdampak pada terjadinya konflik interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kecemasan dengan konflik interpersonal siswa SMP PGRI 1 Wagir yang akan menghadapi ujian semester genap. Desain penelitian menggunakan analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 60 responden, yang diambil dengan caratotal sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan Rating scale, data dianalisa menggunakan uji korelasi Spearman-Rank dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden sebanyak 46 (76,7%) siswa yang akan menghadapi ujian semester genap mengalami kecemasan sedang dan sebagian besar responden sebanyak lebih dari separuh 38 (63,3%) siswa yang akan menghadapi ujian semester genap sering mengalami konflik interpersonal. Berdasarkan hasil uji spearmanrank, hasil yang didapatkan ρ-value 0,003< 0,050 yang artinya H1 diterima, berarti ada hubungan kecemasan dengan konflik interpersonal siswayang akan menghadapi ujian semester genapdi SMP PGRI 1 Wagir. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian semester genap agar tidak terjadi kecemasan yang sedang pada diri siswa dalam menghadapi ujian semester genap.

Keywords

Kecemasan, konflik interpersonal, ujian semester genap.

Full Text:

PDF

References

Agustian, W. 2013.Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Dan Motivasi Belajar Pada Siswa kelas XII SMA negeri X Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi. Jakarta. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul.

Ahmadi, Anas. 2015. Psikologi Sastra. Surabaya: Unesa University Press.

Alwisol, 2014. Psikologi Kepribadian. Cetakan keempat belas. Malang : UMM Press.

Azwar, S. 2011. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas.2008. Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Kelas VII.Jakarta : Depdiknas.

Fajar Bilqis. 2013. Hubungan Antara Persepsi Dengan Cara Penyelesaian Konflik Interpersonal Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Mahardhika. Jurnal Mahasiswa BK UNESA. (3)1. p. 237. (Online).http://ejournal.unesa. ac. id/index. php/jurnal-bk unesa/a rticle/ view/3342. Diakses pada tanggal 5 Juli 2017.

Grzywacz, JG., TA., Arcury., A. Marin., L. Carrilo and B. Burke., ML. Coutes, and SA. Quandt. 2007. Work-Family Conflict: Experience and health Implication Among Immigrant Latinos. Journal of Applied Psychology, 92(4).1119-1130.

Gultom, Syawal. 2013. Materi Pelatihan Guru Implemantasi Kurikulum. 2013. Jakarta: Badan pengembangan sumber daya manusia pendidikan dan kebudayaan.

Notoatmodjo. 2005. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Nursalam. 2013. Konsep Penerapan Metode Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Riyadiningsih, H. 2012. Peran kondisi psikologis dan karakteristik pribadi dalam pengembangan kepemimpinan efektif: sebuah tinjauan konseptual. Diunduh dari: http://eprints.unisbank.ac.id/281/1/ARTIKEL-49.pdf. Diakses pada tanggal 5 Juli 2017.

Stuart, G.W. 2009.Principles and Practice of Psychiatric Nursing.(9th Edition). St.Louis: Mosby.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.