HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN LANSIA DENGAN KEAKTIFAN LANSIA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN POSYANDU LANSIA DI DUSUN BENDUNGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS WISATA DAU MALANG

Gani Gani, Tavip Dwi Wahyuni, Susmini Susmini

Abstract

Data BPS Jawa Timur tahun 2009 terdapat lansia sekitar 4.113.847 jiwa. Kabupaten Malang lansia sebanyak 289.604 orang ditahun 2013. Wujud nyata pelayanan sosial dan kesehatan pada lansia, pemerintah telah mencanangkan pelayanan pada lansia ditingkat masyarakat yakni posyandu lansia. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan lansia dengan keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia di Dusun Bendungan Wilayah Kerja Puskesmas Wisata Dau Malang. Desain penelitian menggunakan deskriptif korelasi. Populasi sebanyak 54 responden dan sampel 54 orang diambil secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah uji Spearman rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pengetahuan lansia, sebagian besar (57,41%) lansia dikategorikan kurang baik dan keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu, sebagian besar (61,10%) lansia dikategorikan tidak aktif, sedangkan hasil Spearman rank didapatkan nilai p-value = 0,003 < 0,05 yang berarti data dinyatakan signifikan. Artinya ada hubungan antara tingkat pengetahuan lansia dengan keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu lansia di Dusun Bendungan Wilayah Kerja Puskesmas Wisata Dau Malang. Dengan demikian untuk meningkatkan keaktifan lansia dalam mengikuti kegiatan posyandu diperlukan pengetahuan yang baik dan dibutuhkan dukungan dari keluarga serta harus ada motivasi dari lansia sendiri.

Keywords

Keaktifan posyandu, pengetahuan, lansia.

Full Text:

PDF

References

Anonim. 2010. Pengelolaan Posyandu Lansia. http://askepaskeb.cz.cc/2010/02/pengelolaan-posyandu-lansia.html. Diakses pada tanggal 17 Januari 2015.

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, A. Hidayat. 2009. Metode Penelitian Kebidanan teknik analisa data. Jakarta: Salemba Medika.

Azizah. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu

BPS. 2012. Jumlah penduduk usia lanjut.http://www.bps.go.id/rb/Statistik_Perpustakaan_BPS_2012.pdf, Diakses pada tanggal 06 Mei 2015.

Kementrian Kesehatan RI. 2014. Situasi Dan Analisis Lanjut Usia. Diunduh dari hhtp//www.depkes.go.id/ Diakses pada tanggal 20 Juli 2015.

Notoatmodjo. S. 2007. Kesehatan Masyarakat : Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Setiadi. 2008. Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta : Graha Ilmu

World Health Organization.2012. world health day. are you ready? what you need to know about ageing. our world is changing. http://www.who.int/worldhealth-day/2012/toolkit/background/en/. Diakses pada tanggal 09 Agustus 2015.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.