HUBUNGAN POLA ASUH DENGAN TINGKAT STRES MENJELANG UJIAN NASIONAL (UN) PADA ANAK KELAS VI DI SDN SUKUN 1 MALANG

Pitono Pipit Hari, Dyah Widodo, Esti Widiani

Abstract

Ujian Nasional adalah sistem evaluasi dalam bentuk pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik tingkat dasar dan menengah secara nasional, Keharusan menjadikan ujian nasional sebagai syarat kelulusan menjadi beban menjadi siswa. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh dengan tingkat stres menjelang ujian nasional pada anak kelas VIdi SDN 1 Sukun Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang merupakan penelitian kolerasi yang bertujuan mencari, menjelaskan hubungan, memperkirakan, dan menguji berdasarkan teori yang ada antara variabel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 94 orang dengan penentuan sampel penelitian mengunakan teknik total sampling, 94 orang tua yang mempunyai anak usia sekolah dasar di SDN 1 Malang. Uji statistik menggunakan uji statistika Chi Kuadrat (x^2) pada taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian didapatkan pola asuh demokratis 67 (71,3%) dan tidak mengalami tingkat stres sebanyak 63 anak (67,0%). Hasil chi kuadrat, didapatkan p-value (0,002) < (0,050) artinya data dinyatakan signifikan maka H¬1 diterima sehingga ada hubungan antara pola asuh dengan tingkat stres menjelang Ujian Nasional (UN) pada anak kelas V1 SDN Sukun 1 Malang. Didapatkan r--value = (7,003) > (3,841) artinya terdapat hubungan positif cukup tinggiantara variabel independen dan dependen sehingga data dinyatakan searah dan memiliki hubungan yang seimbang antara antara pola asuh dengan tingkat stres menjelang Ujian Nasional (UN).

Keywords

Pola Asuh, Tingkat Stres Anak Sekolah Dasar (SD) Menjelang Ujian Nasional (UN).

Full Text:

PDF

References

Djaali. 2009. Psikologi pendidikan Jakarta : Bumi Aksara.

Lazarus,S. & Folkman, R.S.1986. Stress, appraisal, and coping. New York: Springer.

Mutmainah. 2005. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Subyantoro. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (edisi revisi). Semarang: Undip Press.

Sarafino. 2006. Health Psychology : Biopsychosocial Interactions. Fifth Edition.USA: John Wiley & Sons.

Suwono.2008. Pola Asuh Minat Datang Ke Wihara (online) tersedia : htt://ksubho.multyply.com/jurnal/item. Diakses pada tanggal 25 Januari 2016.

Yunisanti. 2012.kecemasan menghadapi ulangan umum pada anak sekolah dasar kelas 1V dan tinjau dari persepsi terhadap tuntutan orang tua untuk berprestasi dalam belajarhttp://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2012/06/Kecemasan-Menghadapi-Ulangan-Umum-Skripsi.pdf. Diakses pada tanggal 12 Desember 2015.

Zubaidah.L. 2013. Pengaruh Faktor Komunikasi, Kepribadian Ekstraversi, dan Kepribadian Ketelitian Terhadap Prestasi Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, vol.1, no.1 Januari 2016.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.