PERBEDAAN TINGKAT STRES PADA LANSIA DI DALAM DAN DI LUAR PANTI WERDHA PANGESTI LAWANG

Jefri Selo, Erlisa Candrawati, Ronasari Mahaji Putri

Abstract

Data Kependudukan PBB tahun 2013 di Indonesia jumlah lansia sebanyak 14,4 juta jiwa atau sebanyak 7,18% dari jumlah penduduk. Semakin meningkatnya umur lansia maka persoalan yang di alaminya juga semakin banyak sehingga menyebabkan stres baik lansia yang tinggal dengan keluarga maupun lansia yang tinggal di dalam panti lansia. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan tingkat stres pada lansia di dalam dan di luar panti Werdha Pengesti Lawang. Desain penelitian mengunakan desain komparatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 lansia yang tinggal di luar panti dan 68 lansia yang tinggal di Panti Werdha Pangesti Lawang, penentuan sampel penelitian menggunakan simple random sampling sebanyak 21 lansia yang tinggal di luar panti dan sebanyak 27 lansia yang tinggal di Panti Werdha Pangesti Lawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisis data yang di gunakan ialah independent sample t-test. Hasil penelitian membuktikan kurang dari separuh (40,7%) responden mengalami tingkat stress sedang di dalam panti werdha dan kurang dari separuh (47,6%) responden tidak mengalami stress di luar werdha, sedangkan hasil uji independent sample t-test membuktikan “ada perbedaan tingkat stres pada lansia di dalam dan di luar Panti Werdha Pangesti Lawang” dangan p-value = (0,001) < (0,050). Adanya perbedaan tingkat stres pada lansia di dalam dan di luar panti maka perlu adanya dukungan keluarga untuk memberi semangat kepada lansia yang tinggal dengan keluarga, sedangkan bagi lansia yang tinggal di panti werdha harus ada kegiatan sosialisasi untuk memberi pengertian kepada lansia agar mau menerima diri apa adanya dan merawat diri secara mandiri.

Keywords

Lansia, Panti Werdha, Tingkat Stres.

Full Text:

PDF

References

Asih et al., 1998. Keperawatan Keluarga:Teori dan Praktik. Edisi Ke Tiga. Jakarta: EGC.

Azizah, L. 2011. Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Badan Pusat Statistik, 2013.Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Buletin Jendela Data & Informasi Kesehatan, Semester I, 1, pp 1-16. http://www.depkesw.go.id/downloads/Buletin Lansia pdf. Diakses pada tanggal 06 November 2014.

Darmojo, B. 2003. Konsep Menua Sehat Dalam Geriatri, Jurnal Kedokteran dan Farmasi Medika. Jakarta : Grafiti Medika Pers.

Indriana, Y. dkk. 2010, Tingkat Stres Lansia di Panti Wredha Puncak Gading. Semarang . 8 (2): 88-90.

Juniarti, N. Eka, S. & Damayanti, A. 2008; Gambaran Jenis dan Tingkat Kesepian Pada Lansia di Balai Panti Sosial TresnaWredha Pakutandang Ciparay Bandung, Skripsi, Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjajaran, hal 3.

Komari, M.N. 2008. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Stress Pasa Lansia Di Panti Wredha Dharma Bakti Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadyah Surakarta. Surakarta.

Puspasari, S. 2009. Hubungan Kemunduran Fungsi Fisiologis Dengan Stres Pada Lanjut Usia Di Kelurahan Kaliwaru Semarang. Semarang. Semarang. Skripsi Universitas Muhammadiyah Semarang.

Putri, R. D. 2012. Perbedaan Tingkat Stres Pada Lansia Yang Bertempat Tinggal di Rumah Dan Di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Bondowoso. Skripsi. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember. Jember.

Raden. J,S, dkk, 2015. Senam Lansia dan Tingkat Stres pada Lansia di Dusun Polaman Argorejo Kecamatan Sedayu 2 Kabupaten Bantul Yogyakarta, JNKI, Vol. 3, No. 2, Tahun 2015, 111-116.

Stanley & Beare. 2007. Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Jakarta . EGC.

Suaib, M. 2007. Stressor dan Mekanisme Koping pada Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur Yogyakarta. Karya Tulis Ilmiah Universitas Muhammadiyah. Yogyakarta.

Srianti, A. 2008. Tinjauan Tentang Stres. Universitas Padjajaran Fakultas Ilmu Keperawatan Jatinagor. Artikel Penelitian.

Tamher & Noorkasiani. 2009. Kesehatan Usia Lanjut dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.

Weiss, D. H. 2009. Manajemen Stres. Batam: Binarupa Aksara.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.