HUBUNGAN CITRA DIRI DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI SMKN 11 MALANG KELAS XI

Dince Sari Rambu Amma, Esti Widiani, Sirli Mardianna Trishinta

Abstract

Remaja merupakan masa transisi dari masa anak menuju masa dewasa yang mengalami berbagai perubahan fisik dan pisikis, hal ini menyebabkan remaja lebih memperhatikan kondisi fisik untuk menunjang mendapatkan kepercayaan diri dalam lingkungan sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan citra diri terhadap tingkat kepercayaan diri remaja siswa–siswi SMKN 11 Malang kelas XI. Desain penelitian mengunakan desain korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 remaja, sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampel jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang di gunakan yaitu uji spearmen rank dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan sebagian besar 31 (86,1%) remaja memiliki citra diri positif dan sebagian besar 32 (88,9%) remaja memiliki kepercayaan diri positif. Hasil uji spearmen rank didapatkan p-value = (0,000) < (0,050) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan signifikan antara citra diri terhadap tingkat kepercayaan diri remaja siswa–siswi SMKN 11 Malang kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan remaja selalu percaya diri dengan menganggap bahwa diri berguna bagi teman dan keluarga, mampu bertindak dan melakukan aktivitas tanpa bantuan orang lain serta ber sikap positif dan terbuka kepada teman atau orang tua yang di anggap bisa dipercaya untuk menyelesaikan permasalahan pribadi.

Keywords

citra diri, remaja, tingkat kepercayaan diri.

Full Text:

PDF

References

Arif, G. 2011. Remaja Permasalahannya. Yogyakarta : Hanggar Kreator.

Cahyaningsih, D. 2011. Pertumbuhan Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta.

Danang, P. 2007. Hubungan Citra Diri Dan Prestasi Belajar Dengan Kematangan Vokasional Siswa SMK N 1 Madiun. Skripsi. UMS.

Fitriani, W. 2008. Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Perilaku Seksual di SMA Mayjend Sutoyo Siswomihardjo Medan Tahun 2008. http://www.repository.usu.ac.id. Diakses pada tanggal 11 Januari 2017.

Kadi, U. 2016 Hubungan Kepercayaan Diri Dan Self Regulated Learning Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikologi 2013. Jurnal. Universitas Mulawarman.

Mappiare. 2010. Pengantar Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Rajawali Pers.

Marhamah , Q & Okatiranti. 2014. Gambaran Citra Diri Siswa-Siswi Pada Masa Pubertas. Bandung.

Putri, M. 2015. Perbedaan Kepercayaan Diri Remaja Akhir Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua, Program Studi Psikologi, FIP, Surabaya. Unesa.

Rama. 2010. Citra diri.Universitas Gunadarma kampus Kalimalang dan SMA Negeri 8 Bekasi. Jawa Barat.

Susanti, Y. 2016. Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku konsumtif pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2013. Skipsi. Malang Uin Maulana Malik Ibrahim.

Sarwono, W. S. 2011. Psikologi Remaja edisi revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.