HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI KOPI DENGAN TINGKAT STRES PADA DEWASA MUDA IKATAN KELUARGA BESAR (IKB) NEKMESE DI KOTA MALANG

Merdiant G.M. Liunima, Ani Sutriningsih, Swaidatul Masluhiya AF

Abstract

Menurut data World Health Organisation (WHO) diperkirakan sekitar 450 juta penduduk dunia mengalami gangguan kesehatan akibat stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsumsi kopi dengan tingkat stres pada dewasa muda Ikatan Keluarga Besar (IKB) Nekmese di kota Malang. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota IKB Nekmese di Kota Malang yang berjenis kelamin laki-laki sebanyak 81 orang dan sampel penelitian menggunakan purposive sampling yaitu sebanyak 45 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan konsumsi kopi sebagian besar dikategorikan konsumsi sedang yaitu sebanyak 24 orang (53,33%) dengan tingkat stres sebagian besar dikategorikan stres sedang yaitu sebanyak 38 orang (84,44%), selanjutnya data dianalisa menggunakan uji spearman rank dan didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,004 ≤ α 0,05, artinya ada hubungan antara konsumsi kopi dengan tingkat stres pada dewasa muda Ikatan Keluarga Besar (IKB) Nekmese di Kota Malang. Diharapkan kepada dewasa muda IKB Nekmese di Malang untuk mengkonsumsi kopi dengan beberapa varian rasa, misalnya kopi jahe yang selain memberikan kesegaran juga dapat menghangatkan tubuh, dan dapat mengurangi frekuensi konsumsi kopi. Konsumsi kopi yang baik dengan dosis moderat 300 mg kafein, yaitu sekitar 1-2 gelas per hari.

Keywords

Konsumsi kopi, tingkat stress.

Full Text:

PDF

References

Andarini. 2013. Hubungan Antara Aiska, Selviana. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Tingkat Stres Kerja Perawat di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Yogyakarta. Naskah Publikasi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Anonim, 2014. Budaya Ngopi di Indonesia. [online]. http://javabica.com/blog/38-kopi-tubruk/88-budaya -ngopi-di-indonesia.html. Diakses pada tanggal 5 Mei 2016.

Alvin. 2007. Mengatasi Stres Belajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Aprianto, D. 2013. Efektifitas Teknik Relaksasi Imajinasi Terbimbing dan Nafas Dalam Terhadap Penurunan Kecemasan pada Pasien Pre Operasi. Skripsi. STIKES Telogorejo. Semarang.

Djohan. 2006. Terapi Musik: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Galang Press.

Erowid. 2005. Kandungan Kafein Dalam Kopi. http://. Kandungan kafein dalam kopi. Diakses pada tanggal 10 April 2016.

Hartono, L. 2007. Stres dan Stroke. Yogyakarta : Kanisius.

Khoirul, A. 2011. Pengaruh Senam Pernapasan Satria Nusantara Terhadap Penurunan Tingkat Stres. http://eprints.umm.ac.id/1563/1/. Diakses pada tanggal 10 April 2016.

Kozier, B., Glenora, E., Berman, A., Snider, S. 2009. Buku Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses & Praktik. Jakarta : EGC.

Lestari, T. 2015. Kumpulan Teori Untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Panggabean, E. 2011. Buku Pintar Kopi. Jakarta: Agro Media Pustaka.

Pieter, Herry. Z., Lubis., Namora, L. 2010. Pengantar Psikologis dalam Keperawatan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Poh, Sylvia Indrayana & Budi Hendrawan. 2012. Perilaku Konsumsi dan Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat Surabaya dalam Mengonsumsi Produk-Produk Pastry dan Bakery. Naskah Publikasi, Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Purdiani, M. 2014. Hubungan Pengunaan Minuman Berkafein Terhadap Pola Tidur dan Pengaruhnya pada Tingkah Laku Mahasiswa/I Universitas Surabaya.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3 (1). Pdf. Diakses pada tanggal 08 Mei 2016.

Ramolda, P. 2009. Pengaruh Al-Quran pada Manusia dalam Perspektif Fisiologis dan Psikologis. http://www.theedc.com. Diakses pada tanggal 08 Mei 2016.

Salma, 2015. Majalah Kesehatan : Anda sedang stress? Minum saja kopi!.[Online]. http://majalahkesehatan.com/anda-sedang-stres-minum-kopi saja/2015/02/.html?m=1. Diakses pada tanggal 20 April 2016.

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development : PerkembanganMasa Hidup, Edisi 5, jilid II. Jakarta: Erlangga.

Sarafino, H. 2008. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions Sixth Edition. United States: John Willey & Sons, inc.

Vanzaitan, 2010. Chapter II.pdf. Universitas Sumatera Utara. Diakses pada tanggal 10 April 2016.

Wahyudian, Ujang Sumarwan, Hartono. 2004. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Kopi dan Analisis Pemetaan Beberapa Merek Kopi dan Implikasinya pada Pemasaran Kopi. Jurnal Manajemen &Agribisnis, Vol. 1 No.1 Maret 2004 : 55-68.

Weinberg,BA., Bonnie KB. 2010. The Miracle of Caffeine: Manfaat Tak Terduga Kafein Berdasarkan Penelitian Paling Mutakhir. Bandung: Penerbit Qanita.

Zakaria, 2015. Ingin bebas stress? Perbanyak Konsumsi Kopi. [online]. http://m.tecno.id/science/ingin-bebas-stres-perbanyak-konsumsi-kopi-1506107.html. Diakses pada tanggal 5 Mei 2016.

Abstract - Print this article - Indexing metadata - How to cite item - Finding References - Email this article (Login required) - Email the author (Login required)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.